ANALISIS DAMPAK KONVERSI LAHAN TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN DELI SERDANG

Lailan Safina Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis dampak dari konversi lahan pertanian terhadap kondisi sosial ekonomi di Kabupaten Deli Serdang serta Melakukan estimasi variabel konversi lahan yang mempengaruhi produksi pertanian sub sektor tanaman pangan dan holtikultura di Kabupaten Deli Serdang.

Data penelitian ini diambil untuk 5 periode yaitu dari tahun 2009- 2013 dengan sampel kecamatan-kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. Data penelitian ini adalah data sekunder yaitu, data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang yang termuat dalam Deli Serdang Dalam Angka yaitu berupa data tentang kependudukan, ketenagakerjaan, pendapatan (PDRB) dan PDRB per kapita, kesehatan, Pendidikan, dan Perumahan yang Layak.Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.

Berdasarkanhasil uji t menunjukkan bahwa variabel Konversi Lahan secara signifikan berpengaruh Negatif terhadap Produksi Pertanian di Kabupaten Deli Serdang. Nilai Produksi Pertanian ditunjukkan oleh nilai PDRB Bidang Pertanian di Kabupaten Deli Serdang.

Kata kunci : Konversi Lahan, Produksi Pertanian dan PDRB.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v15i1.1027