IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT DAN MENYELESAIKAN MODEL MATEMATIKA SEBAGAI GAMBARAN APLIKASI EKONOMI (Studi Kasus Mahasiswa Semester I Mata Kuliah MatematikaEkonomi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi

Roswita Hafni, Dani Iskandar, Dani Iskandar

Abstract


Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat, yang menurut penulis dengan model pembelajaran ini mahasiswa dituntut untuk mengkontruksi pengetahuan dengan kemampuannya sendiri melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukannya dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dikaitkan dengan realita sebagai bagian dari kegiatan manusia.

Tujuan dari pada pembelajaran RME ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat dan menyelesaikan model matematika sebagai gambaran dalam aplikasi ekonomi. Dalam Proses Belajar Mengajar diharapkan mahasiswa mampu memahami, membentuk dan menyelesaikan model-model matematika tersebut, karena materi tersebut akan diperdalam pada matakuliah lainnya, seperti Mata Kuliah Mikro, Makro, Manajemen Keuangan, Operasi Riset dan lainnya, dengan penggunaan alat matematika yang berkelanjutan tersebut, peneliti mencoba melakukan perubahan dalam metode pembelajaran pada matakuliah Matematika Ekonomi, dengan harapan pada mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika Ekonomi merasa bahwa matematika itu mudah, manfaatnya jelas, dan nilai akhirnya memuaskan (semua lulus).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada pengajaran matakuliah Matematika Ekonomi di semester I, tahun ajaran 2015-2016 untuk program studi manajemen,. Langkah-langkah penelitian ini mengikuti prinsip-prinsip dasar yang berlaku dalam penelitian tindakan kelas. Yang mencakup 4 tahapan dalam satu siklus, kegiatan mulai dari Tahap Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan terakhir tahapan refleksi yang diikuti perencanaan ulang dengan siklus berikutnya).

Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan pada mahasiswa semester I/A Manajemen sore, sebanyak 51 otang. Pada siklus 1, terlihat peningkatan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dari standar keberhasilan diatas nilai 75, yaitu 76,67. Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilainya adalah nilai 90. Pembelajaran ini sudah dapat dikatakan bahwa metode yang diajarkan kepada mereka berhasil yaitu metode pengajaran RME atau Pembelajaran Matematika Realistis.

Dari pengamatan dosen yang menjalankan pembelajaran MRE ini, Mahasiswa menyatakan sangat setuju dan mengerti tentang materi yang diajarkan dengan metode pengajaran yang digunakan, namun menurut mereka pokok bahasan materi matematika ekonomi yang diajarkan banyak, sehingga mahasiswa tersebut merasa waktu dalam pembelajaran tersebut kurang, dan mereka menginginkan pemambahan jam belajar, seperti diskusi atau belajar diluar jam perkuliahan. Diharapkan juga untuk dosen yang mengajar matakuliah Matematika Ekonomi menerapkan model Pembelajaran MRE dan sungguh-sungguh membimbing mahasiswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Peningkatkan Kemampuan Membuat dan Menyelesaikan Model

Matematika, Realistic Mathematics Education

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v15i1.1029