PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI MIKRO

Lailan Safina Hasibuan, Prawidya Hairani RS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar pada mata kuliah Pengantar Ekonomi Mikro.Hal ini disebabkan karena selama ini yang sering dilakukan adalah metode ceramah yang dinilai kurang efektif dan kurang memberikan hasil yang optimal. Selain itu metode ceramah yang lebih memfokuskan kepada peran dosen sehingga dalam proses pembelajaran mahasiswa kurang aktif dan kurang mandiri.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam 3 siklus.Dari hasil pada siklus I dilakukan refleksi yang bertujuan untuk agar dapat melakukan perbaikan pada siklus yang selanjutnya. Setiap siklus akan diawali dengan pre test, diskusi kelompok, post test dan pengerjaan lembar kegiatan.Pada saat berlangsungnya diskusi kelompok, maka dilakukan observasi untuk mengetahui keaktifan peserta kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan untuk nilai hasil pre test dan post test, peningkatan keaktifan belajar mahasiswa serta meratanya kelompok Yng mencapai nilai tertinggi untuk pengerjaan lembar kegiatan.

Kata Kunci : Kooperatif tipe STAD, keaktifan belajar dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v15i2.1035