ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Fitriani Saragih

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana sumber dan penggunaan modal kerja perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di bursa efek indonesia dan sampel 4 perusahaan telekomunikasi yaitu PT. Bakrie Telecom Tbk, PT. Excelomindo Pratama Tbk, PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Tbk. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini PT. Excelcomindo memiliki pengelolaan modal kerja terendah dibandingkan dengan tiga perusahaan lainnya walaupun mengalami kenaikan pada periode 2007-2008 yang disebabkan karena modal kerja yang dimiliki perusahaan lebih diarahkan untuk pembelian aktiva tetap setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa perusahaan berusaha untuk melakukan ekspansi untuk meningkatkan laba. Pengelolaan modal kerja yang kurang baik dimiliki oleh PT. Telekomunikasi Indonesia karena terjadinya penurunan modal kerja yang paling besar diantara perusahaan lainnya yaitu pada periode 2007-2008. Pengelolaan modal kerja yang cukup baik dimiliki oleh PT. Indosat Tbk walaupun mengalami penurunan tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan. Sedangkan yang memiliki pengelolaan modal kerja yang paling baik dimiliki oleh PT. Bakrie Telecom karena selalu mengalami peningkatan modal kerja setiap tahunnya.

Secara keseluruhan perusahaan dapat dilihat bahwa penggunaan modal kerja perusahaan lebih difokuskan untuk pembelian aktiva tetap yang digunakan untuk memberikan pelayanan atau jasanya kepada masarakat.


Keywords


Sumber modal kerja; Penggunaan modal kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v13i1.232