PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Elizar Sinambela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham pada perusahan Property dan Real Estate yang  terdaftar di BEI. Fenomena dalam penelitian ini adalah dari beberapa perusahaan diperoleh adanya kenaikan laba yang diikuti dengan kenaikan Return Saham, namun pada beberapa perusahaan lain kenaikan ini tidak diikuti dengan kemampuan perusahaan menghasilkan Return Saham yang meningkat.

Tekhnik pengambilan data yang dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan pendekatan asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data sekunder, Pengujian statistik dilakukan  dengan program aplikasi SPSS 16.0 for windows, meliputi statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis (uji t).

Hasil uji statistik t bahwa Earning Per Share (EPS) mempunyai  pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap Return Saham dimana tingkat signifikansinya lebih besar dari alpha yaitu (0,36 > 0,05) dan nilai (-0,93) <  (2,052). Hal  ini menunjukkan bahwa EPS bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi return saham. Bagi para peneliti lanjutan, sebaiknya perlu perlu menambah variabel-variabel lain yang memberikan pengaruh dan tidak pengaruh terhadap Return saham sehingga dapat diketahui faktor mana yang paling berpengaruh dan tidak berpengaruh dalam upaya peningkatan Return saham, menambah waktu penelitian dan menambah sampel perusahaan.


Keywords


Earning Per Share (EPS), Return Saham

DOI:

https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v13i1.235


Full Text:

PDF


Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan is abstracting & indexing in the following databases: 

   



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats