Analisis Dampak Migrasi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Keluarga Desa (Studi Pada Desa Tanjung Gusti, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara)

Vina Maria Ompusunggu

Abstract


Penelitian dilakukan di Desa Tanjung Gusti, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana dampak migrasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga desa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara detail dan mendalam tentang dampak migrasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga desa. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh informasi yang lengkap. Jumlah Informan penelitian ini adalah sekitar 35 orang dan semuanya diciptakan sebagai sampel total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan migrasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga desa. Berdasarkan data, 65% mata pencaharian masyarakat Desa Tanjung Gusti adalah bertani dan berdagang. Untuk itu migrasi sirkuler sebagai faktor peningkatan ekonomi keluarga desa. Hal ini dapat dilihat adanya dampak positif dan dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi keluarga desa.

Keywords


Dampak Migrasi, Pertumbuhan Ekonomi Keluarga, Desa

Full Text:

PDF

References


Biro Pusat Statistik. 2017. Laporan Tahunan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja, Kabupaten Deli Serdang.

Elfindri dan Bachtiar. 2005. Ekonomi Ketenagakerjaan, University Press.

Goldscheider, Calvin. 1985. Populasi, Modernisasi dan Struktur Sosial. Terjemahan oleh Algozali Usman dan Andre Bayo Ala. CV Rajawali, Jakarta.

Hossain, M.Z., 2001. Rural-Urban Migration in Bangladesh: A Micro-Level Study, Research Presentation in The Brazil IUSSP Conference, August 20-24, 2001.

Mantra, I.B. 1978. Population Movement In Wet Rice Communities : a case study of two Dukuh In Yogyakarta Special Regio(Terjemahan). Gajah Mada University Press, Jakarta.

Mulyadi. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lee, Eevert, 1966. Teori Migrasi. Diterjemahkan oleh Hans Daeng. Pusat Penelitian Kependudukan. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2004. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi ke 8. Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v18i2.2546