Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Nugget Berbahan Dasar Ikan Bandeng Sebagai Bahan Pangan Lokal

Anharudin Anharudin, Donny Fernando, Saefudin Saefudin, Diki Susandi, Saleh Dwiyatno

Abstract


Meningkatkan taraf hidup menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup bermasyarakat. Hal ini harus terus di dukung seiring perkembangan dan daya saing pada era globalisasi saat ini. Berdasarkan hasil pemetaan/assessment diketahui bahwa kelurahan Sawah Luhur memiliki potensi alam yang melimpah, namun belum didukung oleh sumber daya manusia yang terampil terutama dalam hal pengolahan makanan. Sehingga kondisi kehidupan masyarakat, terutama pada aspek ekonomi belumlah memadai, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi kualitas SDM yang masih rendah dan infrastruktur desa yang juga belum memadai. Tujuan utama dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan Pelatihan dan Penyuluhan kepada masyarakat Kelurahan Sawah Luhur. Yang dilakukan baik secara teori maupun praktik dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui keterampilan membuat nugget berbahan dasar ikan bandeng sebagai bahan pangan lokal. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan menstimulasi terciptanya inovasi dan kreativitas untuk menciptakan produk lokal unggulan.

Keywords


Ekonomi masyarakat, Keterampilan, Produk lokal

Full Text:

PDF

References


Alam, Heldy Vanni. dan Salma, Bowtha. 2017. Optimalisasi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Upaya Perbaikan Ekonomi Masyarakat Di Desa Piloliyanga Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Universitas Negeri Gorontalo.

Badan Pusat Statistik Kota Serang, 2019. Kecamatan Kasemen Dalam Angka 2019. Serang : Badan Pusat Statistik.

Ife, Jim. 2008. Community Development : Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Jogjakarta. Pustaka Pelajar

Resnawaty, Risna dkk. 2014. Pemberdayaan Ekonomi Lokal Melalui Pelatihan Perencanaan Bisnis Untuk Wirausaha Pemula. UNPAD.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v19i2.3818