Peran Ekonomi Islam Dalampembangunan Ekonomi Nasional

Husin Nasution, Khairunnas Khairunnas

Abstract


Islam sebagai sistem kehidupan yang universal, integral, dan komprehensif telah menetapkan tatanan yang utuh untuk kehidupan manusia. Sebagai way of life, Islam menata segala hal yang berkaitan dengan kehidupan, dari hal yang paling sederhana hingga urusan yang paling rumit sekalipun. Baik dalam aspek politik, ekonomi, pendidikan, seni, sosial, budaya, dsb. Islam merupakan agama yang sempurna, yang mengatur hal yang berkaitan dengan ekonomi. Apabila perekonomian suatu negara (ekonomi nasional) menerapkan dasar Al-Quran dan Hadist sebagai dasar penerapannya, tentunya suatu perekonomian nasional akan berjalan dengan baik dan terarah sesuai aturan. Namun kenyataanya memang belum semua negara muslim di dunia menerapkan dasar tersebut. Selanjutnya, di dalam artikel ini dijelaskan tentang bagaimana Ekonomi Islam berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional, khususnya Indonesia sebagai negara dengan jumlah ummat muslim terbesar di Dunia.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Sayuti. 2009. Ekonomi Syariah Dan Perlunya Konsistensi Dalam Membangun Ekonomi Syariah. Surakarta: Univ. Muhammadiyah Surakarta (Disajikan pada Seminar Nasional Ekonomi Syariah: Menuju Perekonomian Indonesia Berbasis Syariah, UAI, 17 Juni 2009).

Rama, Ali. Analisis Kontribusi Perbankan Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Malaysia: International Islamic University Malaysia (IIUM).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah (www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU_21_08_Syariah.pdf)

http://ekonomiprofetik.wordpress.com/2009/03

/24/perkembangan-ekonomi-syariah- diindonesia-dan-kontribusinya-bagi- pembangunan-nasional/ diakses pada 26 Mei 2016

http://sirizky.blogspot.co.id/2012/05/perekonomian-ummat-islam-pada-masa.html (Sumber: Drs. Ec. H. Tjuk K Sukiadi - Komisaris Utama PT. BPR Syariah Baktimakmur Indah Sidoarjo)

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/12/analisis-prospek-kontribusi-ekonomi.html

http://jurnal-ekonomi.org/konsepsi-ekonomi- islam-untuk-pembangunan-ekonomi/

http://gideck.blogspot.co.id/2012/02/ekonomi- pembangunan-islam.html

http://bukhoridpr.blogspot.co.id/2013/12/islam- untuk-seluruh-aspek-kehidupan.html

Nur Fitria, Tira. 2016Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.