PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eni Miftahul Jannah, Devi Yusnila Sinaga, Eji Habibah Sembiring

Abstract


Pendidikan agama Islam sangat penting untuk pembentukan kepribadian seseorang. Bimbingan dan arahan adalah doktrin agama yang dirancang untuk membuat manusia percaya akan keberadaan Tuhan dan Agama dengan sepenuh hati, mematuhi perintah Agama dalam bentuk ibadah, dan berakhlak mulia. Melalui mempelajari pendidikan agama Islam, penulis berharap seseorang dapat memiliki nilai-nilai yang baik dalam dirinya, sehingga dapat mengubahnya menjadi perilaku yang baik dalam sehari-hari. Selain itu, pendidikan agama Islam juga dapat memungkinkan seseorang untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam agama. Penerapan pendidikan Islam dilakukan dengan menambah taqwa kepada Allah SWT, dan akhlak mulia merupakan perwujudan dari keimanan yang diyakini setiap orang. Oleh karena itu, menggabungkan kebahagiaan dan ketakwaan dalam satu pribadi akan menghindari perilaku destruktif, fitnah, dan merugikan secara sosial, serta sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa di masa depan.

Kata kunci: pendidikan karakter,karakter mulia, pembentukan karakter, karakter dalam perspektif islam.


Full Text:

PDF

References


Alawi, A. H. I. (2019). Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia (Studi SD IT Asy Syifa Kota Bandung). Jurnal Qiro’ah, 9(1), 17–29.

Alghifary Slamet, U., Rena, S., & Ratu Fadhilah, I. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis al-quran dan as-sunnah: studi kasus kelas 6 SD al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang.1.39-65.

Amin, F. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 12(2), 33-45.

Anwar, S. (2016). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157-170.

Bisri, C H. (2016). Penutupan Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: Harapan Melati.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.

Febrianti, S., Nursafwa, H., Arifin, B., Hayati, I., & Zailani, Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 48-57.

Hakim, R. (2014). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335-342.

Ibid. hlm. 40.

Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 – 2019.

Kusumawati, I. (2016). aṣ-ṣ ibyan,. 1(2), 139–148.

Meriyanti. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press.

Munawaroh, I. (2021). Modul Belajar Mandiri: Karakter Peserta Didik. Jakarta: Pedagogi.

Nurdin. (2011). Pendidikan Karakter. Sulawesi Tenggara: Al-Ta’dib.

Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik: SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: IAIN Salatiga.

Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali. Bintan: STAIN SAR Press.

Syahfriani, E., Hasibuan, M. U., & Fanreza, R. (2019). Moral Forming And Character Of Participants In The Al- Qur ’ an Perspective. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 1, 128–140.

Zailani, Z. (2019). Etika Belajar dan Mengajar. Intiqad, 9 (2), 268748.

Zailani, Z. (2020). [HAKI] Mendidik Anak Dengan Akhlak. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). BUKU (Ilmu Pendidikan Islam). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zubaidah, I. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Online ISSN: 2722-7618