PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGHIMPUNAN DANA ZIS

AL Bara, Miftah Fariz

Abstract


Perkembangan teknologi di Indonesia terus mengalami peningkatan, kini banyak lembaga-lembaga yang terus mengembangkan teknologi pada setiap operasional yang dimiliki. Perkembangan teknologi ini, tentunya menjadi suatu hal yang membuat masyarakat merasa senang, karena dengan adanya teknologi, masyarakat dapat mengefesien waktunya untuk melakukan hal-hal yang sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Kini lembaga Zakat, infaq, dan sedekah juga terus mencoba untuk mengembangkan teknologi dalam operasionalnya, termasuk dalam penghimpunan dana zakat. Hal ini didasari dengan semakin tingginya permintaan masyarakat yang ingin menyalurkan kewajibannya sebagai muslim, tetapi dengan efesiensi waktu yang digunakan. Di era new normal ini, kegiatan masyarakat hampir seluruhnya banyak menggunakan teknologi, karena dianggap lebih aman dan nyaman, dan tentunya dapat mengurangi angka penularan covid 19 yang saat ini masih terus mengalami peningkatan. Tetapi permasalahan yang dihadapi, masih banyaknya masyarakat yang belum memahami tentang penerapan teknologi yang ada di lembaga ZIS, padahal masyarakat Indonesia antusias dalam penyaluran ZIS nya, terlebih penghimpunan tersebut berbasis teknologi. Maka tentunya saat ini teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam penghimpunan dana ZIS di Indonesia.

Keywords: Penghimpunan, ZIS, Teknologi


Full Text:

PDF

References


Amsari, S. (2019). Analisis Efektifitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus LAZISMu Pusat). Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 321-345.

Bara, A., & Pradesyah, R. (2020). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (pp. 617-623). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Bara, A., Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Strategi Pengelolaan Zakat Produktif Dalam Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Lembaga Zakat Muhammadiyah Kota Medan). Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 185-195.

Basrowi, & Utami, P. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Peningkatan Penerimaan Zakat, Jumlah Muzaki, Dan Pengurangan Resiko Zakat. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 101-114.

Khairunnisa, & Sari, J. P. (2021). ANALYSIS OF ZAKAT FUND MANAGEMENT IN EMPOWERING MSMES OF LAZIZ MUHAMMADIYAH (LAZIZMU) AT CITY OF MEDAN. Proceeding International Seminar on Islamic Studies (pp. 578-585). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Maghfirah, F. (2020). PENINGKATAN PEROLEHAN DANA ZAKAT MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI ONLINE. Z-Zaroa Jurnal Hukum Bisnis Islam, 57-76.

Mujiatun, S. (2018). MODEL OF PROFESSIONAL ZAKAT MANAGEMENT IN INDONESIA. International Journal of Economics, Business and Management Research, 80-90.

Nasution, M. I., & Prayogi, M. A. (2019). The Utilization of Zakah Productive towards Micro-Business Growth and Mustahik Welfare. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, , 1-11.

Pujianto, B. L., & Kristianingsih. (2020). Analisis Program Layanan Zakat Digital terhadap Penerimaan Zakat dengan Pendekatan Data Envelopment Analysist (DEA) pada Badan Amil Zakat Nasional. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 15-22.

Rahayu, A., Karomah, S., & Hikmawati, S. H. (2019). Peran Zakat Digital dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Zakat di Masa Pandemi Covid-19. PAI UIN Walisongo, 75-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.