REMAJA DAN PERILAKU MENYIMPANG

Sigit Hardiyanto, Elfi Syahri Romadhona

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi, maka penelitian yang berjudul remaja dan perilaku menyimpang studi kasus remaja di Kota Padangsidimpuan yang bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan perilaku menyimpang yang dilakukan pada remaja, kenakalan apa saja yang dilakukan para remaja di Kota Padangsidimpuan dan upaya orang tua dan masyarakat dalam mengatasi perilaku menyimpang remaja didaerahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni data yang digunakan peneliti terlebih dahulu diklasifikasikan sesuai dengan perumusan masalah dan tujuan penelitian, kemudian data tersebut dituangkan dalam bentuk cerita atau narasi sehingga akan mudah dalam menganalisa serta menginterpretasikannya. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, masyarakat dan para remaja yang melakukan perilaku menyimpang yang berusia 16-20 tahun yang dikategorikan sebagai remaja akhir masa transisi ke dewasa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai pedoman bagi para remaja, orang tua serta masyarakat pada umumnya terkait faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang remaja serta kenakalannya.   Hasil penelitian menunjukkan adanya kelemahan dalam pengawasan orang tua terhadap anak. Orang tua hanya memberikan pesan nasihat kepada anak, akan tetapi pengawasan sangat jarang terjadi dilakukan terhadap orang tua kepada anak.

 

Kata Kunci: Remaja, Perilaku Menyimpang

DOI:

https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i1.1785


Article Metrics

Abstract view : 6126 times
PDF -10610 times

Full Text:

PDF


Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

       



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Contact Person : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA) 0818270484 (Telp number),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With:

           

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.