Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Ke Oliver Cafe, Jakarta

Tashia Tariq

Abstract


Perubahan gaya hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan menjadi salah satu peran yang berpengaruh dalam meningkatnya Industri makanan dan minuman. Aktivitas yang padat serta rutinitas yang cukup tinggi membuat seseorang mencari alternatif lain yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Hadirnya berbagai café saat ini menimbulkan kebiasaan baru di kalangan masyarakat. Café bukan lagi sekedar tempat untuk menyantap makanan maupun melepas kejenuhan untuk sesekali saja. Mereka menjadikan café sebagai tempat berkumpul, bersosialisasi, berkencan, bertukar fikiran, memperluas jaringan, dan berbisnis sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Brand Image, Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Atmosphere terhadap minat berkunjung ke Olivier café Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 215 responden konsumen yang sedang berkunjung ke Olivier café Jakarta. Alat Analisa yang digunakan adalah Analisa regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak adanya pengaruh dari faktor Citra terhadap minat berkunjung, (2) Terdapat pengaruh dari faktor Word of Mouth terhadap minat berkunjung, (3) Terdapat pengaruh dari faktor Kualitas Produk terhadap minat berkunjung, (4) Terdapat pengaruh dari faktor Store Atmosphere terhadap minat berkunjung, dengan nilai persamaan regresi linear berganda adalah Y = 0.803 + 0.019 X1 + 0.424 X2 + 0.132 X3 + 0.106 X4, dan hasil uji hipotesis secara simultan terlihat ρ=0,000 < α=0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.


Keywords


Citra, Word of Mouth, Store Atmosphere, Kualitas Produk, minat berkunjung

DOI:

https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3735


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andwika, R. 2016, Februari 15. Mengapa kafe Olivier tempat Mirna tewas malah jadi ramai? Diperoleh dari Merdeka: https://www.merdeka.com/peristiwa/mengapa-kafe-olivier-tempat-mirna-tewas-malah-jadi-ramai.html

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan provinsi Jawa Barat.. 2015, November 24. Pentingnya keamanan pangan bagi masyarakat. Diperoleh dari Dkkp.jabarprov.go.id: http://dkpp.jabarprov.go.id/pentingnya-keamanan-pangan-bagi-masyarakat-2/

Herdiana, A. F. 2017, Juli 7. Apkrindo Jatim: Hati-hati, Kafe Berkonsep Instagramable Tidak Akan Bertahan Lama. Diperoleh dari Tribun Jatim: https://jatim.tribunnews.com/2017/07/07/apkrindo-jatim-hati-hati-kafe-berkonsep-instagramable-tidak-akan-bertahan-lama.

Istiyanto, B., & Lailatan, N. 2016. Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 1-8. doi:DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.75

Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia. 2012, Maret 1. Diperoleh dari Marketing.co.id: https://marketing.co.id/karakter-dan-perilaku-khas-konsumen-indonesia/

Kementerian Perindustrian. 2017. Industri Makanan dan Minuman masih jadi andalan. Diperoleh dari http://www.kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan

Khoemaeni, S. A.(2016, Juli 27. Kafe Olivier Ucapkan Terima Kasih kepada Jessica. Diperoleh dari Okezone: https://news.okezone.com/read/2016/07/27/338/1448065/kafe-olivier-ucapkan-terima-kasih-kepada-jessica

Lim, A. 2014, September 26. Trend Bisnis Café. Diperoleh dari Arthinkle: http://www.arthinkle.com/articles/detail/trend-bisnis-cafe

Meilani, Y., & Simanjuntak, S. 2012. Faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan dan minuman usaha kecil menengah kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 164-172. Retrieved from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18559

Meldarianda, R. 2010. Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 17(2), 97-108. doi:ISSN: 1412-3126

Royan, F. M. 2004. Marketing Selebriti “Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri”. Jakarta, Indonesia: Alex Media Komputindo.

Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. 2016. Pengaruh word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada Lembaga kursus Bahasa inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 1(2), 188-204. doi:DOI: 10.30737/ekonika.v1i2.14

Simamora, B. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, B., & Hartono, S. 2014. Analisis pengaruh produk, kualitas pelayanan, harga, dan store atmosphere terhadap minat beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-14.

Sulaiman, R. 2015, Januari 27. Indonesia Peringkat kedua sebagai konsumen teroptimis. Diperoleh dari Kompas: https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/01/27/1730011/Indonesia.Peringkat.Kedua.Dunia.sebagai.Konsumen.Teroptimistis

Sutriyanto, E. 2018, Agustus 5. Ada Perubahan Perilaku Cara Konsumen Menghabiskan Uangnya. Diperoleh dari Tribun News: http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/05/08/ada-perubahan-perilaku-cara-konsumen-menghabiskan-uangnya.




Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

       



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Gedung C), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Kontak : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA) 0818270484 (Telp),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: