Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid

Agus Triyono, Nifsya Khaira Marhuda

Sari


Berkembangnya religiusitas masyarakat dalam dunia maya, menarik perhatian banyak peneliti untuk mengkaji hubungan agama dan internet. Spiritualisasi internet berarti bahwa internet tersebut dilihat sebagai teknologi atau space yang cocok untuk hubungan religious, dimana hal ini mengijinkan pengguna untuk menyatukan aktifitas berbasis internet kedalam ritme kehidupan spiritual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan dakwah dari postingan akun salafi @dakwah_tauhid dalam intagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif yang bersifat ex post facto. Adapun model analisis data berupa analisis isi. Jenis data yang dijadikan acuan dalam penelitian ini berupa data primer yang terdiri dari pesan-pesan akun Instagram @dakwah_tauhid tentang aqidah, syariah, dan akhlak yang telah diposting pada bulan April 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kategori syariah merupakan postingan terbanyak yaitu 140 postingan dengan prosentase 49,65%. Kategori aqidah terdapat 34 postingan dengan prosentase 12,05%. Sedangakan kategori akhlak merupakan postingan paling sedikit yaitu hanya terdapat 4 postingan saja dengan prosentase 1,4% dari total keseluruhan postingan. Kategori syariah merupakan postingan yang paling sering muncul dikarnakan pada bulan April tersebut bertepatan dengan adanya pilkada serentak dimana salah satu kandidat calon gubernur Jakarta merupakan calon yang bukan beragama Islam. Adapun kategori lain-lain dimana kategori ini bukan termasuk dari tiga kategori diatas tetapi memiliki jumlah postingan yang besar dengan 104 postingan atau 36,9% dari total populasi. Hal ini dikarnakan banyaknya postingan dari akun @dakwah_tauhid yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan dari admin, undangan kajian, juga berita yang sedang hangat di masyarakat.


Kata Kunci


instagram, komunikasi dakwah, agama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrew F. Hayes & Klaus Krippendorff 2007 Answering the Call for a Standard Reliability Measure for Coding Data, Communication Methods and Measures, 1:1, 77-89, DOI: 10.1080/19312450709336664

APJII. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. (Puskakom UI Jakarta, Ed.), Apjii.or.Id (1st ed.). Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Ayun, Primada Qurrota. 2015. Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membangun Identitas. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Basit, Abdul. 2013. Dakwah Cerdas di Era Modern. Jurnal Komunikasi Islam. 3(1), 76-94.

Campbell, Heidi. 2005. Spiritualising the Internet. Uncovering Discourses and Narratives of Religious Internet Usage. Heidelberg Journal of Religions on the Internet, 1(1), 1-22.

Chaffey, D. 2016. Global social media research summary 2016. Retrieved from http://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/new-global-social-media-research/

Dhanurseto, H. 2009. Pemberitaan Media Cetak Dalam Kampanye Pemilu Presiden Tahun 2009 Studi Analisis Isi Pemberitaan Pemilu Presiden pada masa kampanye di media Cetak Harian Jogja, Radar Jogja dan Kedaulatan Rakyat Jogja Edisi Juni-Juli 2009). Jurnal Politik, 5.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian IlmuKomunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ilyas, Y. 2011. Cakrawala Al Qur'an: tafsir Tematis tentang Berbagai Aspek Kehidupan.

Iqbal, A. M. 2014. Internet, Identity and Islamic Movements: The Case Of Salafism In Indonesia. Islamica Indonesiana, 1(1), 81-99.

Majhi, Sabitri. 2016. Content analysis of Journal articles on Wiki in Science Direct Database. Library Philosophy and Practice (e-journal), 1331

Munawwir.A.W. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif

Natasha, Gessa. 2015 Analisis Isi Rubrik Indonesia Banget Pada Majalah Gogirl! Tahun 2013 Tentang Tradisi Di Indonesia. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 3(3), 613-627

Rahman, Abdur. 1991. Inilah Syariah Islam. Jakarta: Pustaka Panji Mas

Riska, Harihanto, & Nurmanina, A. 2013. Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 1(4), 37-49.

Setyani.N.I. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Twitter, Facebook, dan Blog sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Akademi Berbagi Surakarta). Skripsi. Surakarta. Universitas Negeri Surakarta.

Suryani, L. F., & Suwarti, H. D. 2014. Instagram Dan Fashion Remaja : Studi Kasus Peran Media Sosial Instagram terhadap Trend Fashion Remaja dalam Akun @ootdindo Tahun 2014. Jurnal Komunikasi.

Toybah, Nur Rizky. 2016. Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @haditsku. Institut Agama Islam Negri Antasari.

Winarno,Surakhmad, 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah dasar Metode Teknik, Tarsito, Bandung.

Wijaya, K. K. 2015, Januari 21. Berapa Jumlah Pengguna Website, Mobile, dan Media Sosial di Indonesia. Retrieved from https://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3944

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: