Manajemen Kesan Pelaku Budaya Musik Saronen Dalam Mempertahankan Eksistensi di Masa Pandemi

Mohammad Insan Romadhan, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana

Sari


Pandemi Covid-19 yang sudah hampir setahun terjadi di Indonesia membuat berbagai bidang harus dapat beradaptasi. Masa pandemi seperti sekarang kerumunan sangat tidak disarankan. Hal tersebut menjadi permasalahan besar khususnya pada pelaku seni pertunjukan tradisional musik saronen. Minat masyarakat terhadap musik saronen sebelum pandemi saja sudah mulai berkurang peminatnya. Masalah tersebut diperparah dengan kondisi ketika ada pandemi Covid-19. Bukan hanya bertahan akan gempuran budaya modern tetapi juga bertahan menghadapi situasi yang diakibatkan pandemi Covid-19. Berdasarkan hal terebut perlu melakukan kajian mengenai manajemen kesan pelaku budaya untuk dapat mempertahankan eksistensinya di masa pandemi. Literatur yang dijadikan sebagai pisau analisis adalah teori manajemen impresi yang meliputi ingratiation, self-promotion, exemplification, supplication dan intimidation. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana informan penelitian yaitu pelaku budaya budaya saronen untuk digali lebih dalam dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data menggunakan jalur analisis data tiga tahap dimana analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan manajemen kesan yang ditampilkan oleh pelaku budaya lebih kepada supplication. Hal ini diperlihatkan oleh para pelaku budaya dengan menunjukkan kepasrahan akan situasi yang sedang dialami oleh kelompok budayanya akibat pandemi covid-19.


Kata Kunci


Pelaku Budaya Saronen; Teori Manajemen Impresi; Eksistensi; Pandemi Covid-19

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anwar, S. (2020). Sembilan Bulan Tidak Bekerja di Masa Pandemi, Ratusan Pelaku Seni Demo Pemkab. Diakses pada tanggal 15 Desember 2020 dari http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=106649&&Jd=SembilanBulanTidakBekerjadiMasaPandemiRatusanPelakuSeniDemoPemkab

Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2016). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 4256.

Arman, D. (2020). Nasib Pelaku Seni di Masa Covid 19. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2020 dari http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/nasib-pelaku-seni-di-masa-covid-19/

Bahfiarti, T. (2013). Pengelolaan Kesan Etnik Bugis Dalam Adaptasi Diri Dengan Budaya Sunda. Jurnal Komunikasi Kareba, 2(1), 5564.

Fauzi, M. A., & Nuraeni, R. (2017). Pengelolaan Kesan Mahasiswa Pengguna Ootd Styledi Instagram (Studi Dramaturgi pada Mahasiswa Pengguna Foto OOTD di akun @ootdupi). Jurnal Liski, 3(2), 206222.

Ibnu, W. (2020). Derita Pelaku Seni Tari Cirebon di Tengah Pandemik COVID-19. Diakses pada tanggal 11 September 2020 dari https://jabar.idntimes.com/news/jabar/wildan-ibnu/derita-pelaku-seni-tari-cirebon-di-tengah-pandemik-covid/4

Kriyantono, ?Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.?

Kriyantono, ?Rachmat. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana.?

Miles, M., Hberman, M., & Sdana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: Revka Petra Media.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, T. (2019). Program Corporate Social Responsibility Sebagai Strategi Manajemen Kesan Perusahaan. Jurnal Metakom, 3(1), 95108.

Simangunsong, B. A. (2010). Konstruksi Diri dan Pengelolaan Kesan pada Ruang Riil dan Ruang Virtual. Jurnal ASPIKOM, 1(1), 2640.

Siregar, N. M. (2018). Komunikasi Antarbudaya Etnis Rohingya dalam Upaya Eksistensi Diri Di Pengungsian Kota Medan. Jurnal Interaksi, 2(1), 145156.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173179.

Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). Jurnal El-Afkar, 8(2), 60-69.

Zulfahmi. (2017). Pola komunikasi dalam upaya pelestarian reog ponorogo pada orang jawa di desa percut sei tuan. Interaksi, 1(2), 220241.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.5835

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: