Implementasi Image Restoration Theory Dalam Film Hancock

Roffan Rais Rueyanno, Pundra Rengga Andhita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi image restoration dalam film Hancock.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yangmenitikberatkan observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakananalisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi image
restoration dalam film Hancock menerapkan lima strategi yang sesuai dengan model Benoit, yaitudenial, evasion of responsibility, reducing the offensive, corrective action, dan mortification. Dari limastrategi itu ada dua penerapan strategi yang dinilai kurang efektif yakni evasion of responsibility dan reducing the offensive. Hal itu disebabkan sikap Hancock yang menerapkan strategi itu dengan gayaofensif. Ini yang membuat publik semakin menjauh dari Hancock. Untuk tiga strategi lainnya, denial,corrective action, dan mortification berhasil diterapkan dengan baik oleh Hancock. Ray Embreyberhasil mendorong Hancock untuk menyadari kesalahan dan meminta maaf kepada publik secaraterbuka. Permintaan maaf merupakan strategi paling efektif untuk mengakhiri krisis. Ini pentingkarena publik terkadang hanya ingin mendengar permintaan maaf. Setelah ada permintaan maaf,publik cenderung melupakan atau menepikan kesalahan yang pernah dilakukan Hancock sebelumnya.Lebih lanjut, upaya ini berhasil memunculkan respon positif dari publik. Keberadaan respon positif
menandakan masa krisis telah berhasil dilewati dengan baik oleh Hancock.


Kata Kunci


Hancock, image restoration, public relations, Roland Barthes, semiotika

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andhita, P. R. (2021). Hierarki Pengaruh Dalam Pemberitaan Gibran Sebagai Calon Kandidat Walikota Surakarta Di Solopos. com. Avant Garde, 9(1), 35-48.

Arkiang, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film

Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Azman, A. (2016). Strategi Public Relations Membangun Citra Positif Dalam Film Hancock (Studi Terhadap Nilai-Nilai Dakwah Islam). Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).

Bamber, M., & Parry, S. (2014). A Study of the Employment of Denial During a Complex and Unstable Crisis Involving Multiple Actors. International Journal of Business Communication, 53(3), 343366. doi:10.1177/2329488414525454.

Benoit, W. L. (1997). Image Repair Discourse and Crisis Communication. Public Relations Review, 23(2), 177186. Retrieved from https://doi.org/10.1016/S0363-8111(97)90023-0

Benoit, W. L. (1997). Hugh Grants image restoration discourse: An actor apologizes. Communication Quarterly, 45(3), 251267. doi:10.1080/01463379709370064

Benoit, W. L. (2008). Image Restoration Theory. The International Encyclopedia of Communication, 911. https://doi.org/10.1002/9781405186407.wbieci009.

Cheng, Y. (2016). How Social Media Is Changing Crisis Communication Strategies: Evidence from the Updated Literature. Journal of Contingencies and Crisis Management, 26(1), 5868. doi:10.1111/1468-5973.12130.

Coombs, T., & Schmidt, L. (2009). Journal of Public Relations An Empirical Analysis of Image Restoration : Texaco s Racism Crisis. (December 2011), 3741.

Drs. Indiwan Seto Wahyu Wibowo. (2009). Semiotika, Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Penulisan Skripsi Ilmu Komunikasi. 7.

Erickson, S. L., Weber, M., & Segovia, J. (2011). Using Communication Theory to Analyze Corporate Reporting Strategies. Journal of Business Communication, 48(2), 207223. doi:10.1177/0021943611399728.

Falkheimer, J., & Heide, M. (2015). Trust and Brand Recovery Campaigns in Crisis: Findus Nordic and the Horsemeat Scandal. International Journal of Strategic Communication, 9(2), 134147. doi:10.1080/1553118x.2015.1008636.

Gassing, S. S., & Suryanto. (2016). Public Relation. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hidayat, T. (2019). Trend Teknologi Revolusi Industri 4.0. Retrieved December 2, 2020, from www.unida.ac.id website: https://www.unida.ac.id/teknologi/artikel/trend-teknologi-revolusi-industri-40.html

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara Pratama.

Ishaq, R. El. (2017). Public Relation Teori dan Praktik (Revisi). Malang: Intrans Publishing.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 2330. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (7th ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal (Aplikasi Teori dan Praktik) (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Ilmu Komunikasi, 1(1), 123.

Nazione, S., & Perrault, E. K. (2019). An Empirical Test of Image Restoration Theory and Best Practice Suggestions Within the Context of Social Mediated Crisis Communication. Corporate Reputation Review. doi:10.1057/s41299-019-00064-2

Nurrohman, M. (2020). IMAGE RESTORATION STRATEGY OF PT PERTAMINA HULU ENERGI ( A News Framing Analysis of PT PHE After PHE ONWJ Oil Spill On Tribunnews . com Online News Portal ). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87256

Polan, D. B. (1981). Roland Barthes and the Moving Image. October, 18, 41. doi:10.2307/778409

Pundra Rengga, A. (2020). Penerapan CERC Model Dalam Krisis. Radarbanyumas. co. id, Senin 27 Juli 2020, 27(7/20), 1-3.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudarto, A. D., Senduk, J., & Rembang, M. (2015). Analisis Semiotika Film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Acta Diurna, IV(1), 2.

Van der Meer, T. G. L. A. (2014). Organizational crisis-denial strategy: The effect of denial on public framing. Public Relations Review, 40(3), 537539. doi:10.1016/j.pubrev.2014.02.005.

Xu, K., & Li, W. (2012). An Ethical Stakeholder Approach to Crisis Communication: A Case Study of Foxconns 2010 Employee Suicide Crisis. Journal of Business Ethics, 117(2), 371386. doi:10.1007/s10551-012-1522-0.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.6417

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: