Model Manajemen Produksi Konten Digital tentang COVID-19 Oleh Dinas Kominfo Daerah Istimewa Yogyakarta di Masa Pandemi

Amalia Asfriyani, Fajar Junaedi

Sari


Diskominfo DIY merupakan instansi pemerintah yang berfungsi sebagai sarana dan tempat untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat khususnya warga Yogyakarta. Pandemi ini membuat Diskominfo DIY berfokus pada pembuatan konten secara intens dan terstruktur tentang Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah tentang manajemen produksi konten media digital Diskominfo DIY. Dengan melakukan wawancara mendalam, observasi ke kantor dan tempat produksi Diskominfo DIY dan kajian pustaka. Penelitian ini melihat proses produksi selama pandemi yang sangat terbatas dengan tetap menjalankan proses produksi sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Isi konten yang dibuat oleh Diskominfo DIY adalah pesan yang berkaitan dengan komunikasi kesehatan yang dikemas secara menarik dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Yogyakarta. Dalam publikasi konten, tim produksi tetap melakukan kurasi dengan kepala bidang, penyusun materi, dan content creator sebagai penanggung jawab konten. Konten yang dipublikasikan berupa infografis, Iklan Layanan Masyarakat (ILM), dan data harian Covid-19. Model manajemen produksi konten digital yang dilakukan adalah dengan pra produksi, produksi, dan pasca produksi, hingga publikasi di media sosial. Semua tahap dilakukan dengan mengutamakan protokol kesehatan.


Kata Kunci


Media Digital, Manajemen Media, Covid-19, Diskominfo DIY

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Produser. Erlangga.

Given, L. M. (2008). The SAGE Encyclopedia of QUALITATIVE RESEARCH METHODS. VOLUME 1 & 2 (p. 886). Singapore: A SAGE Reference Publication.

Saroengallo, T. (2008). Dongeng Sebuah Produksi Film. PT Intisari Mediatama.

Yin, R. K., & Djauzi Mudzakir, M. (2008). Studi kasus : desain & metode / Robert K. Yin ; penerjemah, M. Djauzi Mudzakir. RajaGrafindo Perkasa.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140157.

Junaedi, F., & Sukmono, F. G. (2020). University Students Behavior in Searching and Disseminating COVID-19 Online Information. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 245. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.767

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 1323.

Indasari, F., & Anggriani, I. (2020). KRISIS KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pemberitaan Penyebaran Covid-19 melalui Udara). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 111. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1086

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 3850. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Negara, S. B. (2020). Dinamika Relasi dan Kuasa Negara dalam Produksi Konten di Media Siber Pemerintah Menjelang Pemilihan Umum Presiden 2019. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 57. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2425

Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 159. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2834

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Suhardjo, D. (2015). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 174188. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226

Suryani, ita. (2015). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat), 8(April 2014), 123138.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.7424

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: