Analisis Humor Dalam Konten Tiktok @fadlanholao

Millati Agisna, Adi Bayu Mahadian

Sari


Beberapa tahun iniTikTok menjadi platform yang mendapat pusat perhatian orang-orang karena mereka mempunyai banyak waktu luang di rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Di Indonesia, jumlah unduhan aplikasi TikTok melonjak selama Covid-19 karena penerapan karantina wilayah dan menjaga jarak fisik yang membuat masyarakat menggunakan TikTok sebagai hiburan. RCTI+ mengadakan acara yaitu TikTokAwards2020 sebagai ajang penghargaan bagi para artis TikTok dan salah satu pemenang dengan kategori Best of Comedy yaitu @fadlanholao. Sebagai konten bergenre komedi, @fadlanholao memberikan pesan humor melalui teknik humor. Penelitian analisis konten kuantitatif ini menggunakan teori teknik humor Berger (2017) yang mengemukakan bahwa humor terbagi atas empat kategori yaituLanguage, Logic, IdentitydanAction. Keempat kategori tersebut memiliki total 45 indikator yang akan digunakan penulis untuk melakukan analisis persentase teknik humor terhadap konten TikTok @fadlanholao. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa kategori language memiliki persentase sebesar 28%, logic sebesar 31%, identity sebesar 38% dan action sebesar 3%. Kategoriidentitymenjadi kategori yang paling banyak digunakan dalam konten @fadlanholao, yakni terdapat4 indikator diantaranya adalahcaricature, impersonation, mimicry,danstereotype.


Kata Kunci


Konten, Humor, Teknik Humor, TikTok, @fadlanholao

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aisyah, Zahrani Ismi. 2018. Bahasa Humor Dalam Tuturan Ketut Yoga Yudistira Pengisi Suara Channel Youtube Kok Bisa. Jakarta: Bapala Vol 5, No 2.

Aji, W. N. 2018. Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) 2018.

Anastasya, Sicilia. 2013. Teknik-Teknik Humor Dalam Program Komedi di Televisi Swasta Nasional Indonesia. Surabaya: Jurnal E-Komunikasi Vol 1 No. 1.

Anderson, Katie Elson. 2020. Getting acquainted with social networks and apps: it is time to talk about TikTok. Library H1 Tech News.

Attardo, S. 1994. Linguistic Theories of Humor. New York: Mouton de Gruyter Berlin. https://doi.org/10.1515/9783110219029

Berger, Arthur Asa. 2017. An Anatomy of Humor. United States of America: Transaction Publishers.

Chapple, Craig. 2020, April 29. TikTok Crosses 2 Billion Downloads After Best Quarter for Any App Ever. Sensor Tower. https://sensortower.com/blog/tiktok-downloads-2-billion. [acessed 2 February 2021].

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Bumi Aksara, Jakarta, pp. 1-203. ISBN 978-979-010-999-5Eriyanto. 2011. Analisis Isi. Jakarta: Prenada Media.

Deza, A. Parikh, D. 2015. Understanding image virality?, Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 07-12-June-2015, pp. 18181826. doi: 10.1109/CVPR.2015.7298791.

Gityandraputra, D. 2020, May 26. Efektivitas Konten Humor Dalam Content Marketing dan Cara Menyajikannya. Marketing Craft. https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/efektivitas-konten-humor-dalam-content-marketing. [acessed 20 February 2021].

Hasiholan, Togi Prima. Pratami, Rezki. & Wahid, Umaimah. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Izawa, M. 2010. What makes viral videos viral? Roles of emotion, impression, utility, and social ties in online sharing behavior. The Johns Hopkins University. The Johns Hopkins University.

Kristiana, Trias Pando. 2019. Analisis Isi Kuantitatif Kekerasan Dalam Film The Night Comes For Us. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Massie, Adesya Kezia. (2020). Kehadiran TikTok di Masa Pandemi (The Presence of TikTok in the Pandemic). SSRN Electronic Journal. 1556-5068.

Omar, B., Dequan, W. 2020. Watch, Share or Create: The Influence of Personality Traits and User Motivation on TikTok Mobile Video Usage. International Association of Online Engineering, 121-137.

Rahmanadji, Didiek. 2007. Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ridwan Aang. 2010. Humor Dalam Tablig Sisipan Yang Sarat Estetika. Bandung: Jurnal UIN Sunan Gunung Djati, Vol. 4 No. 1.

Sawedi. 2012. Bentuk Penggunaan Bahasa Humor. dalam http:// Jurnal Eprintin Februari 2012. 311408023/

Setyawati, I. 2008. Peran Komunikasi Massa dalam Perubahan Budaya dan Perilaku Masyarakat. Fokus Ekonomi, 2 (3).

Shifman, Limor. 2014. Memes in Digital Culture. Massachusetts: MIT Press.

Suaib, E. Rafli, Z. Muliastuti, L. 2019. Tipe Dan Fungsi Humor Dalam Acara Indonesia Lawak Klub Di Trans7. Jakarta: Madah Jurnal Bahasa dan Sastra 10(1):123.

Supintou, A. 2021, January 31. Perdana Digelar, 14 Daftar Pemenang TikTok Awards Indonesia 2020. IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/dhiya-aulia/daftar-pemenang-tiktok-awards-indonesia-2020-yang-perdana-digelar/14 [acessed 20 February 2021].

Susilowati. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176185.

Triyono, A., & Marhuda, N. (2020). Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Jurnal Interaksi Umsu, Vol. 4 No. 1.

Williamson, D. 2020. TikTok Users Around the World 2020. eMarketer. https://www.emarketer.com/content/tiktok-users-around-world-2020. Diakses pada [acessed 15 July 2021].

Yuwana, Rawuh Yuda. 2019. Strategi Penciptaan Materi Humor: Analisis Transitivitas. Surakarta: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 4 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.7536

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: