Pengelolaan Media Sosial KPU Kota Cilegon Sebagai Media Komunikasi : Studi Kasus KPU Kota Cilegon Banten Pilkada Tahun 2020

Kemal Akbar Muharam, Tri Hastuti Nur Rochimah

Sari


Pilkada tahun 2020 di kota Cilegon propinsi Banten berlangsung di tengah kondisi pandemi Covid 19. KPU Kota Cilegon banyak memanfaatkan media sosial Instagram, Facebook, dan Youtube sebagai media komunikasi dalam memberikan informasi kepada pemilih dan mentaati kebijakan pemerintah dalam kondisi pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial KPU kota Cilegon melalui tahap menyebarkan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Temuan penelitian ini yaitu pengelolaan media sosial KPU kota Cilegon dilakukan dalam empat tahap. Pada tahap share mengacu pada tren masyarakat dan kondisi pandemi serta pedoman PKPU No. 10 tahun 2020 serta memilih Instagram, Facebook, dan Youtube karena memiliki fitur yang memungkinkan interaksi dua arah. Pada tahap optimize pemantauan yang dilakukan untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh audiens dilakukan dengan cara manual yaitu pengecekan hastag dan komentar seharusnya KPU dapat memanfaatkan tools yang telah tersedis secara digital. Pada tahap manage media monitoring dilakukan dengan mengecek pertumbuhan followers dan like namun belum menggunakan social media dashboard. Pada tahap engage KPU Kota Cilegon telah melakukan kerjasama dengan influencer namun tanpa disertai dengan riset dan analisis, dan mengadakan perlombaan seperti lomba video kreatif untuk meraih audiens dan meningkatkan engagement namun belum berkelanjutan.

Kata Kunci : Pengelolaan, Media Sosial, KPU Kota Cilegon,Pilkada, Engagement


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 2020 (Q2). https://apjii.or.id/survei.

Ardhi, Y. (2020, May 31). Pengamat: Pilkada di Tengah Pandemi tak Efektif. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qb6m05377/pengamat-pilkada-di-tengah-pandemi-tak-efektif.

Bianda, L. (2020). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. Kumparan, 6466. https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp

Borchers, N. S. (2019). Editorial: Social Media Influencers in Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication, 13(4), 255260.

CNN Indonesia. (2020, September 22). Pilkada 2020, Potensi Rendah Partisipasi dan Minim Legitimasi. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200922065014-32-549179/pilkada-2020-potensi-rendah-partisipasi-dan-minim-legitimasi

Cooper, P., & Tien, S. (2021, June 1). How to Create a Social Media Calendar: Tips and Templates. Hootsuite. https://blog.hootsuite.com/how-to-create-a-social-media-content-calendar.

Edgecomb, C. (2013, March 28). Build Trust Through Social Media in 5 Simple Ways. Impactplus.Com. https://www.impactplus.com/blog/build-trust-through-social-media-in-5-simple-ways

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1.

Gardatama, H., & Rahmanto, A. N. (2021). MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PEMERINTAH KOTA SURAKARTA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI MENGENAI COVID-19 KEPADA MASYARAKAT. Jurnal Komunikasi Massa, 1, 122.

Komisi Pemilihan Umum. (2020). Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kriyanto, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

McLachlan, S. (2020, August 13). How to Increase Social Media Engagement: A Guide for Marketers. Hootsuite. https://blog.hootsuite.com/social-media-engagement/

McQuail, D. (2010). McQuails Mass Communication Theory.

Nabilla, R., & Kartika, T. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595

Nadila, Aqsa, M., & Risal, M. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi pada Pengguna Instagram di Kota Palopo). Universitas Muhammadiyah Palopo, 19. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/404

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Puspita, Y. (2015). The Usage of New Media to Simplify Communication and Transaction of Gay Prostitute. Jurnal Pekommas, 18(3), 203212.

Regina Luttrell. (2015). Social Media How to Engage, Share, and Connect.

Salamader, G. (2019). Beneftis Of Social Media Dashboards. Eclincher.Com. https://eclincher.com/benefits-of-a-social-media-dashboard/

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

West, C. (2020, January 14). Social mentions 101: What are they and why theyre important. Sproutsocial.Com. https://sproutsocial.com/insights/social-mentions/

Yin, L. (2018). Social Media Monitoring (SMM) with CRM in Symantec. Open Journal of Business and Management, 06(02), 412427. https://doi.org/10.4236/ojbm.2018.62030

Zhang, B., & Vos, M. (2014). Social media monitoring: Aims, methods, and challenges for international companies. Corporate Communications, 19(4), 371383. https://doi.org/10.1108/CCIJ-07-2013-0044




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.8298

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: