Strategi Komunikasi Orang Tua dalam Mengatasi Rasa Jenuh Anak Saat Belajar Daring

Nopita Dewi, Dasrun Hidayat, Iris Fatia Maharani

Abstract


Pembelajaran daring selama pandemi membut anak merasa jenuh. Pada akhirnya anak-anak melakukan mogok atau malas-malasan dalam belajar. Fenomena ini penting dikendalikan oleh orangtua melalui peran aktif mereka ketika anak sedang melakukan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi orangtua dalam mengelola rasa jenuh anak saat pembelajaran daring. Menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Studi yang bermaksud mengkonstruksi tiap temuan lapangan dalam bentuk narasi berupa pengalaman sadar tiap individu yang memiliki masalah yang sama berupa pengalaman dalam menerapkan strategi komunikasi selama mendampingi anak belajar daring. Data lapangan diperoleh melalui teknik wawancara dengan melibatkan tiga informan orang tua siswa Sekolah Dasar di wilayah Sulaksana Kelurahan Cicaheum Kota Bandung. Data hasil wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa orang tua sepakat menerapkan beberapa strategi komunikasi meliputi strategi komunikasi bermain, strategi komunikasi interaktif, dan strategi komunikasi koersif. Tiap strategi komunikasi diterapkan sesuai dengan kebutuhan.

 

Kata Kunci: belajar daring, strategi komunikasi, pengalaman komunikasi, jenuh


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Aladdin, A. (2012). Analisis Penggunaan Strategi Komunikasi Dalam Komunikasi Lisan Bahasa Arab An Analysis Of The Usage Of Communica ... GEMA OnlineTM Journal of Language Studies, 12(2), 645–666.

Bahri, H. (2018). Strategi komunikasi terhadap anak usia dini. Jurnal Nuansa, XI(1), 48–57.

Drajat, P. S., & Timur, J. (2021). PROBLEMATIKA ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN SOLUSI PEMECAHANNYA. 01(01), 52–57.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Hidayat, D., Anisti, Purwadhi, & Wibawa, D. (2020). Crisis Management and Communication Experience in Education During the CoVid– 19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(3), 67–82. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3603-05

Hidayat, D., Christin, M., & Nur’aeni. (2022). Teori Komunikasi (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017

Iswanto, & Hidayat, D. (2020). Perubahan Budaya Tatap Muka Menjadi Online dalam Bimbingan Skripsi Mahasiswa. Jurnal Lugas, 4(2), 78–85.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mutaqin, I., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Proses Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. JASIMA: JURNAL KOMUNIKASI KORPORASI DAN MEDIA, Vol. II, N, 19. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jasima.v2i1.25

Nurhadi, Z. F., Parentza, H., Munandar, A., & Rachman, D. (2021). Strategi Komunikasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Poster. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tasikmalaya, 4(1), 538–543.

Pradsmadji, S. I., & Irwansyah, I. (2019). Pengalaman dan Pandangan Khalayak Pegiat Sinema Non-Produksi Terkait Teknologi 3D Sebagai Pendukung Saluran Komunikasi Film. Jurnal Komunikasi, 11(2), 141. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.4060

Pratama, N. A., & Hidayat, D. (2020). Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing. Jurnal Digital Media & Relationship, 2(1), 1–10.

Prihatin. (2021). Peran Orang tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (Daring) Saat Pandemi Covid-19. 2(1), 146–154.

Purandina, I. P. Y. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SELAMA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Komarottama, 1(1), 19–35.

Rosiana, K. (2017). TEKNIK KOMUNIKASI KOERSIF DINAS KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM MENANGGULANGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Ilmu Komunikasi UNMUL, 5(4), 109–118.

Sari, W. P. (2020). Studi Fenomenologi Penyelarasan Makna dan Pengalaman Penikmat Warung Kopi di Ambon. Jurnal Komunikasi, 12(1), 124. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.7417

Shoifa, L., Puspananda, D. R., Learning, D., & Era, N. N. (2021). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DITINJAU DARI STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA ERA NEW NORMAL. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–10.

Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i1.2

Sulistyowati, F., & Hasanah, N. U. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Indonesia dalam Penanganan COVID-19 pada Majalah TEMPO Edisi Maret-Juli 2020. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 198–214.

Supraja, M. (2012). Alfred Schutz : Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2). https://doi.org/10.22146/jps.v1i2.23447

Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran orang tua dalam mengatasi kejenuhan belajar anak selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97–106. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3190

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wiwin Yulianingsih, Suhanadji, Rivo Nugroho, M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v6i2.8674

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:





 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Contact Person : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With:

           

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.