Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Kecemasan di Masa Pandemi Covid-19

Zahra Farras, Ikhsan Fuady

Abstract


Pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh dunia telah meningkatkan penggunaan media sosial yang diakibatkan oleh adanya pembatasan sosial. Salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk berinteraksi dan mencari hiburan adalah media sosial Twitter yang saat ini digandrungi oleh banyak orang di pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif pada pengguna yang dirasakan setelah menggunakan media sosial Twitter. Metode penelitian yang akan mendukung tercapainya tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan November - Desember melalui kuesioner yang disebar secara daring dalam bentuk Google Form. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Padjadjaran angkatan 2018 – 2020. Data penelitian diuji dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson melalui aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Dari uji tersebut, maka diperoleh hasil bahwa adanya hubungan antara motif hubungan sosial terhadap kecemasan pengguna Twitter. Hubungan tersebut ditunjukkan pada derajat keeratan “rendah” dengan nilai koefisien korelasi, yaitu 0.260**.


Keywords


Media Sosial, Penggunaan Twitter, Motivasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Yogesh K. Dwivedi, D. L. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on information management research and practice: Transforming education, work and life. International Journal of Information Management.

Wenjuan Dai, J. Z. (2021, January 8). Maintaining normal sleep patterns, lifestyles and emotion during the COVID-19 pandemic: The stabilizing effect of daytime napping. Journal of Sleep Research, 30(4).

Jennifer M. First, H. S. (2020). COVID-19 Stress and Depression: Examining Social Media, Traditional Media, and Interpersonal Communication. Journal of Loss and Trauma.

Haman, M. (2020, November). The use of Twitter by state leaders and its impact on the public during theCOVID-19 pandemic. Heliyon, 6(11).

Koustuv Saha, J. T. (2020, November). Psychosocial Effects of the COVID-19 Pandemic: Large-scale Quasi-Experimental Study on Social Media. Journal of Medical Internet Research, 22.

Teagen Nabity-Grover, C. M. (2020). Inside out and outside in: How the COVID-19 pandemic affects self-disclosure on social media. International Journal of Information Management, 55.

Danny Valdez, M. T. (2020, December). Social Media Insights Into US Mental Health During the COVID-19 Pandemic: Longitudinal Analysis of Twitter Data. Journal of Medical Internet Research, 22.

Chen, G. M. (2011). Tweet this: A uses and gratifications perspective on how active Twitter use gratifies a need to connect with others. Computers in Human Behavior, 27.

Per E. Kummervold, D. G.-A. (2009). Social Support in a Wired World: Use of Online Mental Health Forums in Norway. Nordic Journal of Psychiatry, 56(1).

Cong Liu, Y. L. (2020). Media Exposure and Anxiety during COVID-19: The Mediation Effect of Media Vicarious Traumatization. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomoko Nemoto, D. B. (2013). Developing Likert-Scale Questionnaires. JALT2013 Conference Proceedings. Tokyo: JALT. Retrieved from jalt-publications.org: https://jalt-publications.org/sites/default/files/pdf-article/jalt2013_001.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v6i2.8812

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:





 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Contact Person : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With:

           

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.