Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhamammadiyah 1 Medan

Dianto .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan dan bertujuan untuk mengetahui: 1) Keteladanan guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 2) Keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 3) Keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 4) Pandangan dan pendapat siswa tentang keteladanan guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pada umumnya alasan menggunakan metode kualititif karena permasalahan belum jelas, dinamis, dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut di jaring dengan metode penelitian kuantitatif. subyek dalam penelitian ini adalah empat guru pendidikan agama Islam yaitu guru mata pelajaran Alquran Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Hasil penelitian menemukan bahwa keteladanan guru sebagai orangtua di madrasah sangat berpengaruh dalam mendidik siswa agar bisa menjadi generasi yang beriman, bermoral dan berpendidikan. Guru pendidikan agama Islam sudah mempunyai sikap sopan santun, kedisplinan, berprestasi dan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah. Kemudian guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan juga mempunyai sifat kesabaran, wibawa, bersahabat, kerja keras, dan bertanggung jawab. Upaya guru di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan dalam menanamkan minat belajar dan kedispilinan siswa diawali dari guru itu sendiri sebagai suri tauladan bagi siswa, mulai dari kesabaran dan kesungguhan dalam mengajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyat al-Aulad fi al-Islam, diterjemahkan oleh : Drs.

Jamaluddin Miri, Lc dengan judul Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta

Pustaka Amani, 2002.

Akhyak, Profil Pendidik Sukses: Sebuah Formulasi dalam Implementasi

Kurikulum Berbasis Kompetesis, Surabaya: Elkaf, 2005.

Arman Arief, Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

A. Tabrani, Cece Wijaya. Kemampuan Dasar Dalam proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1994.

A. Toto Suryana, PendidikanAgama Islam, Cet. I; Bandung: Tiga Mutiara, 1997.

Azwar Syaifuddin, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi

Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Danim, Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.2010.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:

Rineka Cipta. 2010.

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Hasibuan, J.J., dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdakarya. 2010.

Indra Ahmad Wijaya, Guru dan Orangtua Sebagai Pendidik, Jakarta: Cita Pustaka. 2000.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers. 2009.

Koiron Rosyadi, Pendidikan Propetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.

Muhammad Ali. Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo, 2004.

M. Athiyah Al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Ghani dan Djohar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Muhammad Fadlillah & Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Naim, Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif: Membedayakan dan Mengubah Jalan

Hidup Siswa, Yogyakarta Pustaka Pelajar, 2009.

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta:

Ciputat Pers, 2002.

Omar Muhammad Al-Toumy As-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Paul Suparno, Guru Demokratis di Era Demokrasi, Yogyakarta: Grasindo, 2005.

Pandji Anoraga, Psikologi Kerja, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Rahman Muhammad, Sofan Amri, Kode Etik Profesi Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.

Ranopandojo dan Husnan, Manajemen Personalia, Yogyakarta: BFFE, 1984.

Said, Imam Ghazali, Silsilat Al-Muallifat al-Ghazali (2) Matnu Bidayat Al Hidayah fi At- Tawassuth Bainal Fiqh wa Tasawuf lil Iman Hujjatul Islam

Abi Hamid al-Ghazali , Surabaya: Diyantara, T.Th, 1985

Sabri, Alisuf. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007.

Sardiman, Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007.

Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alvabeta, 2015.

Sumadi Suryabrata. Psikologi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Suparlan, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat, 2005.

Suwarno, Wiji, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

S. Nasution. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Pt

Bumi Aksara, 2000.

Tobroni, Pendidikan Islam Paradigma Teologis Filosofis dan Spritualitas,

Malang: UMM Pers. 2008.




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id