Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017

Hasrian Rudi Setiawan, Widya Masitah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa serta mempengaruhi pola pikir mahasiswa agar senang belajar secara berkelompok, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial, rasa percaya diri, menumbuhkan semangat, berfikir kreatif dan inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1). Melakukan persiapan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan; 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Adapun hasil penelitian ini secara umum, yaitu: Pertama, Hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation, yaitu hasil belajar mahasiswa pada pra tindaan hanya 10 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 41.67%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan kegiatan pra tindakan, yaitu mencapai 22 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 91,67%. Kedua, Motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menunjukkan kondisi positif dan menggembirakan, yang sebelumnya pada kegitan pra tindakan menunjukkan motivasi belajar siswa, yaitu 66.67%, sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan, yaitu: 81.88%

Key words: Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar . Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hasan, C. (2006). Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas.

Huberman, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Iskandar. (2009). Penelitian tindakan kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudhoffir. (2001). Teknologi Intruksional. Bandung : Rosdakarya.

Nasution, A.-R. d. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran . Medan: Perdana Publising.

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, S. (2005). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching.

Purwanto, M. N. (2005). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosnita. (2007). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.

Rusman. (2010).Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M. (2001).Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Soemanto, W. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudarsono. (2005). Kamus Filsafat dan Psikologi . Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2010). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Yang Efektif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka Depdiknas.

Akrim, Akrim, Zainal Zainal, and Munawir Munawir. "Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan." Proceeding of ICMSE 3.1 (2016): M-97.




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id