PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP COPING STRESS PADA MAHASISWA FAI UMSU

Juli Maini Sitepu, Mawaddah Nasution

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU khususnya semester terakhir. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriftif dengan studi korelasi dan menggunakan skala likert untuk mengukur konsep diri dan coping stress mahasiswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala Likert. Data yang dieroleh akan dianalisis menggunakan perhitungan korelasi product momen, regresi sederhana dari variabel bebas atas variabel terikat yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas program SPSS (Statistic Program for Social Science) for Windows 15. Dari hasil penelitian yag telah dilakukan memperoleh hasil bahwasaya konsep diri berperan positif terhadap coping stress. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki konsep diri yang positif mampu membuat strategi coping yang tepat dalam mengatasi permasalahannya sehingga mahasiswa dapat bertahan terhadap stres.

 

Kata Kunci : Konsep diri, Coping stress


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1082


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berzonsky, M.D. 2010. Adolescent development. New York: Mac Milan Publishing Co. Inc.

Burns, R.B. (1993). Konsep diri teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku. Jakarta : Penerbit Arcan.

Calhoun, J.F & Acocella, J.S (1995). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan Edisi ke Tiga. IKIP Semarang.

Cartledge, G. & Milburn, J.F. (1995). Teaching social skills to children and youth: Innovative approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Chaplin, P.J. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Desmita (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Panduan bagi orangtua dan guru dalam memahami psikologi anak sia SD,SMP, dan SMA. Bandung: Rosda.

Hecke, V. et al., (2007). Infant join attention, temprament and social competence in preschool children. Child Development, 78 (1): 53-69.

Helmi, A.F. (1999). Gaya kelekatan dan konsep diri. Jurnal Psikologi. No.1, 9-17.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan. Penerbit Erlangga.

Ismayati, S., Rifameutia, T & Indianti, W. (2007). Pengaruh motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap sikap kreatif guru TK. Jurnal Keberbakatan & Kreativitas. 1(2): 17-29.

Isundariyana. (2005). Hubungan Stres, Strategi Coping dan Dukungan Keluarga dengan Kecenderungan Penyalahgunaan Napza Pada Remaja. Tesis. (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Jamaluddin, M. 2007. Strategi coping stres penderita diabetes mellitus dengan self monitoring sebagai variabel mediasi. Tesis. (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas PSikologi Universitas Gadjah Mada.

Nevid, J.S., Rathus, S.A & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rasmun. 2004. Stres, coping, adaptasi. Jakarta : Sagung Seto.

Rice, F.P & Dolgin, K.G., 2008. The adolescent. development, relationships, and culture. Twelft Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Santrock, J.W. 2012. Life Span Development (Terjemahan). Jakarta : Erlangga

Sarafino, E.P. (1998). Health psychology: Biopsychosocial intervention. Third Edition. New York : John Willey & Sons, Inc.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Yan, K & Haihui, Z., (2005). A decade comparison: Self-concept of gifted and non-gifted adosecents. International Education Journal. 6(2): 224-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats