Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA dengan Metode Demonstrasi di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal FAI UMSU 2016-2017

Rizka Harfiani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dengan menggunakan metode demonstrasi dalam merancang, membuat dan menggunakan alat permainan edukatif (APE) bagi anak Raudhatul Athfal (RA)/Taman Kanak-Kanak (TK), yang dapat langsung diaplikasikan dalam proses pembelajaran. APE bagi anak RA/TK merupakan salah satu materi dalam mata kuliah Media dan Sumber Belajar RA/TK. Penguasaan terhadap materi APE bagi anak RA/TK sangat diperlukan, agar mahasiswa sebagai calon guru RA/TK memiliki kompetensi professional di bidang pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1). Melakukan persiapan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan; 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016-2017 semester IIIA yang berjumlah 20 orang. Adapun hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa semester IIIA PGRA FAI UMSU pada mata kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA materi Alat Permainan Edukatif bagi anak TK/RA dengan menggunakan metode demonstrasi mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus hanya 8 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 40%, dan pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu mencapai 70%, sedangkan pada siklus II mencapai 19 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 95%.

Keywords: Hasil Belajar, APE, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Direktorat PAUD. 2003. Modul Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat Permainan Edukatif) Anak Usia 3-6 tahun. Jakarta: Dirjen PLS dan Pemuda, Depdiknas, h.i

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huberman, M. B. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Iskandar. 2009. Penelitian tindakan kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Moleong, L. J. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. N. 2005. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Rosnita. 2007. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.

Salim, N. 2006. Alat Permainan Edukatif (APE) Bernuansa Agama. Jakarta: Taman Wijaya Kesuma Masjid Istiqlal.

Sugianto, M. 1995. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Dirjen PPTA, Depdikbud.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zaman,B., dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id