Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017

Widya Masitah, Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang sebelum masuk sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini dan melihat perbedaan hasil belajar agama islam antara siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Pengumpulan data melalui nilai ujian. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t . Jika dilihat hasil belajar siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran agama islam terbukti bahwa ada perbedaan hasil belajar agama islam antara siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran praktek islam seperti praktek sholat, tahsin quran dan tahfiz quran. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Jika Sig < ? = 0.05 : H1 diterimaa atau Ho diterima. Hasil perhitungan Praktek sholat 0,025 < 0.05. Hasil perhitungan Tahfis 0.001 < 0.05. Hasil perhitungan Tahsin 0.009 < 0.05.

Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar, SDIT

Korespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Purwanto, M. N. (2005). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 1989. Undang-Undang No 2Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah No 17. Jakarta: Sekretariat Negara

Rosnita. (2007). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Keduabelas. Bandung : Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini, 2006. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id