Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017

Widya Masitah, Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil  belajar  siswa  antara  siswa  yang  sebelum masuk sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dengan siswa  yang  sebelum  masuk  sekolah  dasar  mengikuti  pendidikan  anak usia dini dan melihat perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Pengumpulan data melalui nilai ujian. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t . Jika dilihat hasil belajar siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran agama islam terbukti bahwa ada  perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran praktek islam seperti praktek sholat, tahsin qur’an dan tahfiz qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Jika Sig < α = 0.05 : H1 diterimaa atau Ho diterima. Hasil perhitungan Praktek sholat 0,025 < 0.05. Hasil perhitungan Tahfis 0.001 < 0.05. Hasil perhitungan Tahsin 0.009 < 0.05.

 

Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar, SDIT

Korespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1087


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Purwanto, M. N. (2005). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 1989. Undang-Undang No 2Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah No 17. Jakarta: Sekretariat Negara

Rosnita. (2007). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Keduabelas. Bandung : Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini, 2006. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats