Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak

Hasrian Rudi Setiawan, Widya Masitah

Abstract


Abstrak

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis pengaruh konsep diri, minat dan inteligensi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan bahasa anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk variabel konsep diri dan minat, nilai ujian untuk variabel hasil belajar dan tes IQ untuk variabel inteligensi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat tiga temuan, yaitu: Pertama, Tidak ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan bahasa anak. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel konsep diri sebesar 0,962>0.1. Hal ini berarti  H1 ditolak atau H0 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel konsep diri tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar. Kedua, Tidak ada pengaruh signifikan antara minat terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengambangan bahasa anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel minat sebesar 0.689>0.1. Hal ini berarti  H1 ditolak atau H0 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel minat tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara IQ dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengambangan bahasa anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh pada variabel IQ sebesar 0.099<0.1. Hal ini berarti  H0 ditolak atau H1 diterima pada tingkat signifikan 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel IQ berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

 

Keywords: Konsep Diri, Minat, Inteligensi, Hasil Belajar


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1380


Full Text:

PDF

References


Atkinson Rita L. (1996). Introduction to Psychology, USA: Harcourt & Brace Company.

Berzonsky, M. D. (1999). Adolescent Development. New York: Mc Milan Publishing Co. Inc.

Burns, R.B (1999). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Penerbit Arcan.

Calhoun J. F dan Acocella, J. R. (1999). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (EdisiTerjemahan). Semarang: IKIP Semarang Press.

Gardner, Howar., Kornhhaber, M.J., & Wake, W. K. (1995). Intelligence Multiple Perspective. USA: Wadsworth.

Golden, Charles J. (1990). Clinical Interpretation Of Objectives Psychological Test. Boston: Allyn and Bacon.

Helmi, A.F. (2000). Gaya Kelekatan dan Konsep Diri. Jurnal Psikolog.1, 9-17.

Ismayati, S., Rifameutia, T & Indianti, W. (2007). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Terhadap Sikap Kreatif guru TK. Jurnal Keberbakatan & Kreatifitas, 1(2), 17-19.

Passer Michael W & Smith Ronald E. (2007). Psychology: The Science of Mind and Behavior. New York: McGraw-Hill.

Rakhmat, J (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yan K & Haihui, Z.,(2005). A Decade Comparison: Selft Concept of Gifted and Non-gifted Adosecents. International Education Journal. 6 (2) ,224-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

      

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)