Hubungan Kebiasaan Membaca Al-Quran dengan Pembentukan Karakter Agama Islam Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Muhammad Arif Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca al-quran dengan pembentukan karakter agama islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini meliputi sebagian siswa MAN 2 Model Medan Terpilihnya kelas XI sebagai populasi penelitian dikarenakan siswa kelas XI sudah masuk pada kategori remaja sehingga memiliki nalar yang sudah dapat diarahkan dengan baik. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian ekperimen semu (quasi experiment). Desain yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan,yaitu: (1) Tahap penyusunan perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (2) Tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (3) Tahap pelaksanaan eksperiment. Setiap tahapan dirancang sedemikian sehingga diperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel sesuai dengan tujuan penelitian.

Sampel penelitian yang dipilih adalah 42 siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan secara acak (random sampling). Tahap pemilihan secara acak dimungkinkan karena informasi dari kepala sekolah dan guru kelas pendistribusian siswa pada setiap kelas merata secara heterogen. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Kebiasaan membaca Al-Quran berkonstribusi positif dan meyakinkan terhadap siswa kelas XI MAN 2 Model Medan dan dikategorikan sangat baik. 42 (100 %). (2) Pembentukan karakter agama Islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan sudah dikategorikan adalah sangat baik. 41 (97,6 %). (3) Kebiasaan membaca Al-Quran berkontribusi positif dan meyakinkan terhadap pembentukan karakter agama Islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan sudah dikategorikan sebagian besar adalah baik dengan tingkat siknifikan yang sedang atau cukup. (4) Proses kebiasaan membaca Al-Quran siswa kelas XI MAN 2 Model Medan semakin membaik setelah diterapkannya sistem membaca ayat Al-Quran diawal dan diakhir pembelajaran. Dari yang kurang lancar menjadi lebih lancar, kurang memahami makhraj menjadi lebih memahami. (5) Proses pembentukan karakter siswa kelas XI MAN 2 Model Medan menjadi lebih baik setelah setelah mereka gemar membaca Al-Quran. Dari yang tadinya malas mengerjakan tugas menjadi lebih rajin.

Keywords: Membaca Al-Quran dan Pembentukan Karakter.


Full Text:

PDF

References


Al-Qattan, Manna Khalil. (2000). Studi Ilmu-Ilmu Quran, Jakarta : Pustaka Litera Antar Nusa.

Arif, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers.

Ar-Ramli, Muhammad Syauman. (2007). Keajaiban Membaca Al-Quran, Sukoharjo : Insan Kamil.

Assegaf, Abdurrahman. (2011). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bastanam, Hanna Junhana. (1995). Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mahya, Istaf Bareeq. (2014). Mendidik Anak Ala Rasulullah Sejak Dalam Kandungan Sampai Usia 18 Tahun, Yogyakarta : Abata Press.

Mirza, I. (2010). Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Sumber Ilmu.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Cet. II, Bandung: Bumi Aksara.

Nur, Muhammad. (2001). Panduan Aktivis Harokah, Jakarta: Nizhom.

Soetrisno, Eddy. (2010). Kamus Populer Bahasa Indonesia, Cet. II, Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.

Zainuddin, Din. (2004). Pendidikan Budi Pekerti Dalam Perspektif Islam, Jakarta: Al-Mawardi Prima.




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id