ETIKA BELAJAR DAN MENGAJAR

Zailani ,

Abstract


Abstrak

 

Judul  tulisan ini adalah Etika Belajar dan Mengajar. Dalam Aktivitas Belajar mengajar, etika apa sajakan yang diperlukan antara kedua belah pihak, agar terjalin hubungan yang hormanis antara si guru dan si murid.  Tulisan ini bertujuan  agar ada rasa saling mengetahui  dan memahami etika masing-masing. Agar terjadi komunikasi  hangat dan saling menghargai di antara kedua belah pihak. Landasan yang digunakan dalam  menjabarkan etika belajar mengajar menitik-tekankan kepada etika Islam, sehingga sumber rujukan yang digunakan adalah Al-quran dan Sunnah serta pendapat para ulama yang berkonsentrasi dalam pendidikan Islam, yang pada titik simpulnya bahwa etika, atau  yang lebih familiar akhlak dalam  Islam merupakan metode paling ampuh  dalam transfer-knowladge pada siswa. Juga sesuatu yang sangat penting dalam tradisi pendidikan. Karena  orientasi dari pendidikan Islam adalah  memanusiakan manusia.

 

Keywords: Etika, belajar dan mengajar 


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1388


Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin. Terj Abdul Rosyad. Jakarta: Akbar Media, 2009.

------------- Ilmu dalam Perspektif Tasawwuf Al-Ghazali, terj Muhammad Al-Baqir. Bandung: Karisma, 1996.

Al-Utsaimin, Muhammad. Syarah Riyadhus Shalihin Imam Nawawi. Jakarta: Darul Falah, 2007.

Alfis Chaniago, Muhammad. Indeks Hadist Dan Syarah. Bekasi: Alfonso Pratama, 2012.

Amir Feisal, Jusuf. Reorientasi pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani, 1995.

Bertens, K. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Departemen Agama republik Indoneisa. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: Bandung: Gema Risalah, 1992.

Hasbi Ash Shiddieqy, Tengku Muhammad. Mutiara hadits. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1952.

Hariyanto, Edi Etika Guru dalam Proses Belajar Mengajar Agama Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim wal Muta’allim. (thesis, I AIN Wali Songo, 2011.

Hidayat Afendi, Arif. Al-Islam Studi Alquran; Kajian Tafsir Tarbawi. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Hamka, Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional, 2003.

Ismail, Andra. Selamat Menabur. Jakarta: Gunung Mulia, 2008.

Jusuf Mudzakkir, Abdul Mujib. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.

Maidiantus. “Pendidikan Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada pendidikan,” dalam Jaffray, vol.2. Oktober 2014.

Nawawi,Imam. At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur‟an. Beirut: Darul Minhaj, 2015.

Naisaban, Ladidlaus. Para Psikolog Terkemukan di Dunia. Jakarta: Grasindo, tt.

Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka,2007.

Paul Suparno, Teori perkembangan Jean Piaget. Jakarta: Kanisius, tt.

Rofa’ah. Pentingnya Kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Surajiyo. Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Sya’roni, Mokh “Etika Keilmuan,” dalam Teologia, Vol 25,Juni 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

      

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)