Pembentukan Sarjana Berkualitas Melalui Soft Skills Pada Kegiatan Ekstrakuikuler Mahasiswa UMSU

Akrim M.Pd

Abstract


Mengacu kepada PP No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi sebagai penjabaran dari UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia seutuhnya. Namun dalam implementasinya penyelenggaraan Perguruan tinggi terlalu menekankan kepada aspek kognitif atau aspek akademik dari lembaga pendidikan tinggi.

Untuk meningkatkan kemampuan instruktur pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan Training of Trainer dengan pakar berasal dari Dikti. Pelaksanaan yang sering berbenturan dengan jadwal kuliah. Jadwal pelaksanaan pelatihan soft skills sering berbenturan dengan jadwal kuliah mahasiswa. Tetapi permasalahan tersebut dapat diatasi dengan bekerjasama dan meminta izin dari pihak fakultas agar mahasiswa yang bersangkutan dapat mengikuti pelatihan soft skills. Melibatkan sebanyak mungkin dosen yang berpendidikan S2 dan S3 dengan memberikan pembekalan. UMSU merupakan Universitas Swasta terbesar di Sumatera Utara, dengan demikian seharusnya indikator keberhasilan soft skills dapat dijadikan tolak ukur bagi universitas swasta lainnya yang belum dapat kesempatan dalam mengembangkan soft skills.


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v5i2.1967


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

 

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats