Penggunaan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar

Azizah ,, Hilda Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. .

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom). Subjek penelitian adalah siswa kelas V  di SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi untuk mengukur keterempilan proses sains siswa.Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan proses sains siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 73%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil keterampilan proses sains siswa. Hasil tersebut ditunjukan dengan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap siklusnya. pada siklus pertama keterampilan mengamati sebesar 83%, keterampilan mengukur sebesar 76%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 69%, keterampilan komunikasi sebesar 72%, keterampilan memprediksi sebesar 62%, dan keterampilan interferensi sebesar 69%. Pada siklus kedua, pencapaian hasil keterampilan proses sains siswa meningkat menjadi 93% untuk keterampilan observasi, keterampilan mengukur sebesar 90%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 93%, keterampilan komunikasi sebesar 93%, keterampilan melakukan prediksi sebesar 83%, dan keterampilan inferensi sebesar 90%.

                

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiry, Keterampilan Proses Sains Siswa

DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.724


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats