Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Hasrian Setiawan, Zulkarnein Lubis

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa serta mempengaruhi pola pikir mahasiswa agar senang belajar secara berkelompok, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial, rasa percaya diri, menumbuhkan semangat, berfikir kreatif dan inovatif.

Adapun penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu: 1). Melakukan persiapan 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Kemudian hasil refleksi tersebut yang akan menjadikan dasar untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan siklus berikutnya, jika siklus satu sudah berhasil dan mencapai target yang diinginkan maka siklus dihentikan, namun jika siklus satu masih dinilai kurang berhasil maka dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Adapun hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, Motivasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode role play, yaitu pada siklus I peningkatan motivasi mahasiswa mencapai 80,83% sedangkan peningkatan motivasi siswa pada siklus II mencapai, 85,97 %. Kedua, Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode role play, yaitu hasil belajar mahasiswa pada siklus I hanya 23 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 63,89%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I, yaitu mencapai 34 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 94,44%. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode role play.

 

Key Words: Motivasi, Hasil Belajar, Metode Role Play

Korespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan

DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.726


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

 

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats