Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut

Isra Hayati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa yang diukur melalui hasil  belajar mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa materi Akuntansi Keuangan Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Lima tahapan pembelajaran model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS )terdiri dari aspek partisipasi, aspek penilaian/penentuan sikap, aspek organisasi, aspek pembentukanpola hidup

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mata kuliah Akuntansi Keuangan. Pada siklus I terdiri dari lima tahapan aspek afektif mahasiswa yaitu aspek penerimaan nilai rata-rataobservasi  sebesar 95; aspek partisipasi nilai rata-ratanya sebesar 93,5; aspek penilaian/penentuan sikap nilai rata-ratanya sebesar 97; aspek organisasi nilai rata-ratanya sebesar 95; aspek pembentukanpola hidup nilai rata-ratanya sebesar 96,5. Aspek kognitif yang diukur melalui hasil belajar menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai 93,18% dari pra tindakan.

 

Kata Kunci: Learning Cycle, refleksi.

Korespondensi: FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan

DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.727


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

 

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats