Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Bank Panin Syariah

Riyan Pradesyah

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham bank Panin Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data NTR, LBS terhadap Kinerja harga Saham bank Panin Syariah dari bulan Januari 2010 sampai Desember 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis VAR (Vector Auto Regressive) yakni didukung uji stasioneritas, uji lag optimal, uji stabilitas model VAR, uji kausalitas granger, uji impulse respon function dan uji variance decomposition, dibantu  dengan software Eviews versi 6.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada alpha 5%, penulis menyimpulkan bahwa hasil analisis VAR yakni uji Varince Decomposition menunjukkan bahwa variabel Nilai Tukar Rupiah, dan Laba Bersih berpengaruh terhadap Kinerja Harga Saham bank Panin Syariah. Dalam jangka pendek atau periode awal pengamatan hingga akhir pengamatan, Laba bersih memiliki pengaruh lebih dominan sebesar 13,87%. Sedangkan Variabel Nilai Tukar Rupiah memiliki pengaruh terhadap Kinerja harga saham sebesar 0,23%. Dari hasil uji kausalitas granger menunjukkan bahwa semua variabel memiliki hubungan kausalitas satu sama lain, artinya setiap variabel memiliki hubungan 2 arah dengan variabel lainnya. Sedangkan hasil uji impulse response function menunjukkan bahwa Kinerja harga saham merespon positif dan seimbang terhadap Nilai tukar rupiah. merespon variabel laba bersih dengan negatif dan mendekati titik keseimbangan. Jadi, bila diuji secara bersamaan, variabel yang paling mempengaruhi adalah variabel laba bersih.

 

Kata Kunci : Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Laba Bersih, dan Kinerja

                        Harga Saham


DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.731


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats