Pengaruh Literasi Membaca dan Keterampilan Menyimak terhadap Hasil belajar Matematika Siswa
Abstract
Abstract. The problem of this research is the lack of reading literacy and listening skills which results in low student learning outcomes in mathematics. This research was conducted to find out how the influence of reading literacy and listening skills on students' mathematics learning outcomes. The type of research used is quantitative research with multiple regression experimental methods. The questionnaires and tests as data collection techniques. Furthermore, the data analysis technique used is inferential statistical analysis. Based on the research that has been done, it can be concluded that reading literacy and listening skills have a positive and significant effect on students' mathematics learning outcomes, either partially or simultaneously. That is, reading literacy and listening skills which include 3 indicators, namely knowledge and understanding, application of activities (reading and listening), and reasoning play an important role in determining mathematics learning outcomes. The better reading literacy (knowledge, understanding, application of activities, reasoning) and listening skills (knowledge, understanding, application of activities, reasoning) of students, the better the learning outcomes.
Abstrak. Masalah penelitian ini adalah kurangnya literasi membaca dan keterampilan menyimak yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi membaca dan keterampilan menyimak terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen regresi berganda. Adapun kuisioner dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic inferensial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa literasi membaca dan keterampilan menyimak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara parsial, maupun simultan. Artinya, literasi membaca dan keterampilan menyimak yang meliputi 3 indikator, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi kegiatan (membaca dan menyimak), serta penalaran berperan penting dalam menentukan hasil belajar matematika. Semakin baik literasi membaca (pengetahuan, pemahaman, aplikasi kegiatan, penalaran) dan keterampilan menyimak (pengetahuan, pemahaman, aplikasi kegiatan, penalaran) siswa, semakin baik pula hasil belajarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayumi, & Abdussamad. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Xi Ips Sma Wisuda Pontianak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 111.
Bahasa, P., Aga, B., Kalangan, P., Pedawa, D., & Buleleng, K. (2021). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 2 , Oktober 2021 Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 2 , Oktober 2021. 10(2), 151162.
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi, 6(1), 97104. Retrieved from https://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/12.-Ismail-Hanif-Batubara.pdf
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 4353. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584
Chandra Dhewy, R., Dewi Ratih, K., Hidayati, N., Pgri Sidoarjo, S., Dwi Manunggal, B., Zakiyatul Mubarokah, V., & Zakarias Enus, D. (N.D.). Pengembangan Kampung Moco Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Motivasi Pendidikan Masyarakat Desa Jiken Kecamatan Tulangan Muhammad Ulil Aydiy Elfina Elta Yustina Fallo.
Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. Https://Doi.Org/10.30595/Psychoidea.V19i1.6026
Hewi, L., Shaleh, M., Usia Dini Iain Kendari, A., & Islam Anak Usia Dini Iain Kendari, P. (N.D.). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (Pisa). 6(2), 25810413.
Hijriyah, U. (2016). Menyimak: Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. In Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Iain Raden Intan.
Hutabarat, N. M. P. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Face Threatening Act Of Different Ethnic Speakers In Communicative Events Of School Context, 8(1), 104115. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jpbsi/Article/View/24018
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2), 115125. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.118
Nurvitriawati, N., & Sulfasyah, S. (2018). Pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murid Kelas Iv Sd. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 417. Https://Doi.Org/10.26618/Jkpd.V3i1.1171
Penelitian, A., Studi, P., Bahasa, P., Sastra, D. A. N., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2016). Pendekatan Kooperatif Tipe Nht Siswa Sma Negeri 10 Pontianak Suci Prastiwi.
Syafrizal, R., Hermawan, I. C., & Sofwan, P. Y. (2021). Praktik Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sma Negeri 1 Mande. Jpphk (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 11(2), 5169.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.11126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.