Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra

Ismail Hanif Batubara

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang diberi pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diberi pembelajaran metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester empat yang berjumlah kurang lebih 120 orang. Secara acak, dipilih dua kelas dari enam kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra dan kelas control diberi perlakuan metode penemuan terbimbing tanpa bantuan Geogebra. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematis kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan menggunakan software Geogebra lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematik mahasiswa .

 



Full Text:

PDF

References


Saad, N.S., Ghani, A.S. “Teaching Mathematics in Secondary School : Theoris and Practices”. Universiti Pendidikan Sultan Idris, 2008.

Rosdiana, Misu, L. “Pengembangan teori pembelajaran Perilaku Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMA,” Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA : Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Shadiq, F. “Model-Model Pembelajaran Matematika SMP”, Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas, 2009.

Karnasih, Ida.” ICT for Teaching and Learning Mathematics”, Paper Presentated in International Workshop: Universitas Negeri Medan, 2008.

Annajmi. ” Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi Matematik melalui metode penemuan terbimbing Berbantuan software geogebra pada siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru”, Tesis : Universitas Negeri Medan, 2015.

Manurung, A. A., & Daulay, A. (2012). Media pembelajaran.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.