Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020

Fadhilah Fadhilah

Abstract


Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar  matematika siswa serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadaphasil belajar pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangansiswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata pretest 54,094 dan simpangan baku pretest 15,983 sedangkan nilai rata–rata postest 77,375dan simpangan baku postest 9,993. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretest 53,875 dan simpangan baku pretest 13,389 sedangkan nilai rata – rata  postest 72,969 dan simpangan  baku postest  9,979. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf a = 0,05 diperoleh thitung =  dan ttabel = 5,261  ternyata thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai determinasi mencapai 79%.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing berpengaruh hasil belajar matematika pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 HelvetiaT.P 2019/2020.

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Bamboo Dancing



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Arends, I.R. 2013, Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar Buku Dua, Jakarta: Salemba Humanika.

Lestari, EkaKarunia, Dkk, 2015, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama

Jailani. 2018, Implementasi Perkulihan Biologi Sel Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Constructivitik, Jurnal Serambi PTK, (online) Vol 5 No 1, diakses pada 11 Maret 2019

Novianto, Dwi. 2017, Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Bamboo Dancing,UNION, (online) Vol 5 No 2, diakses pada 08 Maret 2019

Rusman. 2012, Model – Model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers

Rusman.2015, Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W., (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, 2008, Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana, 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup

Viontika, Dkk. 2017, Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp, E-Journal Pendidikan Vol No, diakses pada 08 Maret 2019

Wulandari, Hesti, Dkk, 2018, Pengaruh Media Kolingtar (Dakon Lingkaran Pintar) Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sd, Jurnal Sekolah, (online) Vol 2 No 4, diakses pada 08 Maret 2019

Yudha, Rivo Panji. 2018, Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Model Pembelajaran Tari Bambu dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, EduMa, Vol 7 No 1, diakses pada 08 Maret 2019.

Manurung, A. A., & Daulay, A. (2012). Media pembelajaran.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.