Efektivitas Model Auditory Intellectually Repetition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020

Muhammad Yamin

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Auditory Intellectually Repetition efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas IX SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Istiqlal Deli Tua yang berjumlah 207 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-3 SMP Istiqlal Deli Tua berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IX-1 SMP Istiqlal Deli Tua berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Auditory Intellectually Repetition. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test yaitu sebesar 68,0 dengan simpangan baku sebesar 9,3. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 47,0 dengan simpangan baku sebesar 9,2 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test sebesar 81,7 dengan simpangan baku sebesar 7,6. Pada uji normalitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi , maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,122) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,154) < Ltabel (0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,099) < Ltabel (0,161) dan data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,134) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi , maka  pada pre-test (1,03 < 1,85) dan  pada post-test (1,52 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pada uji t diperoleh  , pada taraf signifikasi 0,05 dengan n = 30 didapat harga . Karena  atau 6,239 > 2,000 maka  ditolak. Pada uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,4 tergolong sedang sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Auditory Intellectually Repetition efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020.

Kata kunci: Efektivitas, Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dini. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam TP. 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Bungsu, Titin Kurnia. dkk. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education. Vol. 01 No. 02.

Fitri, Selviani dan Rukmono Budi Utomo. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal e-DuMath. Vol. 2 No. 2.

Gustira, Fatmi. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP PAB 8 Sampali Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Juliati, Sefmimi. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTsN Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Purniawati, Sisca. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Pabelan. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Saputri, Tri. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Rahmat Islamiyah Medan T.P 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tusakdiyah, Meilinda. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yunita, Nurma. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kepala Bernomor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.