Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020

Kiki Ramadhani, Zainal Azis

Abstract


Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerepan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dari seluruh kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK PAB 2 Helvetia Medan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang telah divalidkan sebanyak 5 butir soal, yaitu dengan soal yang sma pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 50.50. sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas kontrol yaitu 47,83. Dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dengan yaitu 79,33 dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol yaitu 65,33. Dari hasil perhitungan yang menggunakan uji-t di dapatkan hasilnya bahwa  nilai thitung 7.47 < t < ttabel 2.00172 karena nilai thitung lebih besar di bandingkan dengan nilai ttabel maka H0 diterima dan untuk harga-harga t lainnya H0 ditolak. Dari kesimpulan nilai uji hipotesis bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Maka dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektiv terhadap hasil belajar matematika pada kelas X Administrasi Perkantoraan SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020.

Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika,  Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI)



Full Text:

PDF

References


Afandi, M, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Army S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negri 42 Medan [Skripsi]. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Setiti . 2011. Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Dyah, RK, dkk. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Luciana NSL. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII C SMP Budya Wacana Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Melinda T. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan [Skripsi]. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Muhammad M. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan LKS Berbasis PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Muhram V. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMK Negri 1 Marioriwawo Kabupaten Watansoppeng [Skripsi]. Makasar: UIN ALAUDDIN MAKASAR.

Sani, RA. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Sofian. 2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yessi A. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Min 6 Bandar Lampung [Skripsi]. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Manurung, A. A., & Daulay, A. (2012). Media pembelajaran.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.