Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran TAPPSefektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TAPPSefektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest posttest control grup design.pengambilan sempel diambil dengan pengambilan acak dan didapat kelas yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh hasilpenghitungan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar84,37 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 78,17. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga , dengan , dari daftar distribusi normal baku diperoleh Karena , yaitu  maka  diterima. Dari hasil perhitungan N-gain yang didapat dari kelas Eksperimen mencapai nilai 0,7 dalam kategori Tinggi, maka model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAPPS efektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS),



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2013. Dasa-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. 2016. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, Muhamad Gani. 2013. Keefektifan odel Pembelajaran TAPPS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga di MAN 2 Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Setianingrum, Murti Ayu dan Dian Novitasari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa . jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1 No 2.

Samosir, Ashri Huda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajara Siswa SMP Muhammadiyah Belawan T.P 2016/2017. Medan: UMSU

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Metode penelitian tindakan Komperehensif. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2017. Statistika Penelitian Pendidikan. Depok: RajaGrafindo Persada

Tusakdiyah, Melinda. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Upita, Moni. 2018. Penerapan Teknik Probing Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam

Manurung, A. A., & Daulay, A. (2012). Media pembelajaran.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.