Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020

Marah Doly Nasution, Wita Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini mengunakan model penelitian dan pengembangkan (R&D) yang dikembangkan oleh sugiyono (2011), yang meliputi 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, produk massal. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada langkah ke 7 yaitu revisi produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan lembar soal pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP PAB 9 Klambir V dengan materi bilangan pecahan. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian didapat bahwa RPP dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,93 dengan kriteria baik, LKPD dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4 dengan kriteria baik, Media Pembelajaran dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,95 dengan kriteria baik, dan instrumen penilaian berupa pretest dan postest dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,85 dan 3,85 dengan kriteria baik. Dari hasil uji N-Gain disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan. Setelah dilakukan revisi maka perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKPD, media pembelajaran, dan instrumen penilaian dikatakan layak digunakan di sekolah.

 

Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah, Model R&D menurut Sugiyono, Materi Bilangan Pecahan.



Full Text:

PDF

References


Indraningtias, Diah Ayu dan Ariyadi Wijaya. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatam Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Datar Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6, No. 5

Komariah, Kokom. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian.

Maryanti, Indra, Sri Wahyuni, and Ellis Mardiana Panggabean. "PENGARUH HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI FKIP UMSU." JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC 2.1 (2017): 83-89.

Mashura, Siti, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Sub Pokok Bahasan Lingkaran SMP Kelas VIII. Kadikma, Vol. 4, No. 2, hal. 99-108

Nurliawaty, Lilis, dkk. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Papua: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1

Nasution, M. D., & Nasution, E. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH METODE NUMERIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN MATLAB. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pulungan, Lilik Hidayat. Modul Mata Kuliah Workshop Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

. Purwanti, Yeni dkk. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Jambi: Jurnal Ilmiah DIKDAYA

Putri Fadilah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran matematika Berbasis Realistic Mathematis Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Rizki Novidayanti. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching Pada Siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2017/2018. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Rusdi, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Materi Lingkaran. Vol. 22, No. 1

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.