Pengaruh Model Quantum Learning Teradap Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Mts

Juli Trisna Dewi, Ida Mawarda, Zainal Azis

Abstract


Abstract. This study aims to determine: 1) The effect of the Quantum Learning model on the ability to understand mathematical concepts of students, 2) The difference in the ability to understand mathematical concepts between students who are taught by the Quantum Learning model and students who are taught by Direct Instructional. The population of this study is all students of class VIII The Even Semester of MTs Aisyiyah North Sumatra for the Academic Year 2019/2020, which consisted of 3 classes, while the sample in this study consisted of two classes selected using random sampling, so that all classes had the opportunity to be samples. The instrument used in this study consisted of 10 questions which were declared valid and reliable. The data in this study are quantitative data. The data analysis technique to test the hypothesis used in this study used SPSS with the use of paired difference test. The results showed that: 1) the Quantum Learning model had an influence on students' understanding of mathematical concepts by 33.9%, while the rest were other variables not examined in this study, 2) the results of understanding students' mathematical concepts by applying the quantum learning model obtained an average posttest score of 83 ,17 with the highest value of 100 and the lowest value of 65.00 and a standard deviation of 8.85, while using the direct instructional model the average posttest value was 71.50 with the highest value of 85.00 and the lowest value of 55.00 and a standard deviation of 7 ,67.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model Quantum Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, 2) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajarkan dengan model Quantum Learning dengan siswa yang diajarkan dengan Direct Instructional.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester GenapMTs Aisyiyah Sumatera Utara Tahun Akademik 2019/2020 yang berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan random sampling, sehingga semua kelas berpeluang menjadi sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas 10 pertanyaan yang dinyatakan valid dan reliabel. Data pada penelitian ini merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan penggunaan uji beda berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) model Quantum Learningmemiliki pengaruhterhadap pemahaman konsep matematika siswasebesar 33,9%, sedangkan sisanya merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, 2) hasil pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkanmodel quantum learningdiperoleh nilai rata-rata postes sebesar 83,17 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,85, sedangkan menggunakan model direct instructional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 71,50 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta simpangan baku 7,67.


Keywords


Quantum Learning, Direct Instructional, Pemahaman Konseptual Matematis.

Full Text:

PDF

References


Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). MES ( Journal of Mathematics Education and Science ) ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. MES Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175184.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 4754. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219

Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 5158. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.869

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Masliani Siti, 2018, Peningkatan Intelegensi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembalajaran Fungsi Logaritma Menggunakan Model Quantum Learning, Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1) : 70 81.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 19 23.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 58 Tahun 2014, Tentang 2013 SMP/ Madrasah Tsanawiyah

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Riati Titik dan Farida Nur (2017).Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Nganjum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1): 15 - 21

Saladin, A.A., (2016). Workshop Model Pembelajaran Quantum Bagi Guru-guru SD di Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 10(2), 17-28

Sasriani, (2016).Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs MuAllimin Muhammadiyah Bangkinang Kabupaten Kampar. (Skripsi) Diperoleh dari : http://repository.uin-suska.ac.id/2445/. (Diakses 6 November 2019)

Sinaga Fitriana, 2015, Pengaruh Discovering Ability dengan Model Quantum Learning Terhadapa Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MAN Kuala Simpang, Langsa : Fakultas Keguruan IAIN Zawiah COT Kota Langsa.

Sudarman S.W., (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) : 275 - 282




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.