Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa MTs

Utari Prantika Hasibuan, Ellis Mardiana Panggabean

Abstract


Abstract. The formulation of the problem in this study is: How is the mathematics learning device with the Realistic Mathematics Education model developed by MTs students. This study aims to develop learning tools in the form of lesson plans, teaching materials, LKPD, learning media, and assessment tools based on Realistic Mathematics Education on similarity and congruence materials for grade IX MTs students. The quality of the developed products is assessed based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. The procedure for developing learning tools refers to the 4-D development model, namely Define, Design, Develop, and Desseminate. Due to the limitations of the researchers, the research was carried out until it was developed. The subjects of this study were students of class IX-3 MTs Negeri 2 Medan. The instruments used to measure the quality of the learning tools developed were RPP assessment sheets, teaching materials, LKPD, learning media, and assessment tools to measure the validity of these devices. maximum score of 5.00 with good criteria. The average score of teaching materials is 3.73 from a maximum score of 5.00 with good criteria. The average score of LKPD is 3.83 out of a maximum score of 5.00 with good criteria. The average score of learning media is 3.83 out of a maximum score of 5.00 with good criteria, and the average THB score is 3.79 out of a maximum score of 5.00 with good criteria.

Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat pembelajaran matematika dengan model Realistic Mathematics Education hasil pengembangan pada siswa MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran, dan perangkat penilaian berbasis Realistic Mathematics Education pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa MTs kelas IX. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahan develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengkur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran, dan Perangkat penilaian untuk mengukur kevalidan perangkat tersebut.Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,85 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata- rata bahan ajar yaitu 3,73 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 3,83 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata- rata media pembelajaran yaitu 3,83 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB yaitu 3,79 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik.


Keywords


Perangkat Pembelajaran, Realistic Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). MES ( Journal of Mathematics Education and Science ) ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. MES Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175–184.

Arikunto, S. 2013. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhuri. Jurnal Peningkatan Pemehaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sayangan No 244 Sukarta.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219

Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.869

Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 24–28. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015

Batubara, I. H. (2019). Improving Student’s Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 6–8. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1371

Batubara, I. H., Nasution, I. S., & Afifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D Pendahuluan. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–6. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6311

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education …, 2(1), 8–12. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Nasution, M. D., Oktaviani, W., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 3. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4390

Nyimas Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktoral Jendral Penddidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Panggabean, Ellis Mardiana.2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Di FKIP UMSU tersedia pada http://www.jurnal.umcu.ac.id

Saragih,sahat. Menumbuh Kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik: Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balitbang Diknas, 2000.

Simarmata, J., Napitupulu, E., Tambunan, A. R. S., Murdani, Simangunsong, P. B. N., Rikki, A., Sihombing, D. J. C., Limbong, T., Silitonga, P. D. P., Purba, D., Harianja, A. P., Pakpahan, S., Sagala, M., Mesran, M., Sianturi, C. F., Siburian, H. K., Putri, S. R., Batubara, I. H., Hafni, H., & Setiawan, M. I. (2018). Applying the learning multimedia applications for completion of linear equations with subscription methods. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.4 Special Issue 4), 252–255.

Soedjadi R. 2001b. Pembelajaran Matematika Realistic: Pengenalan Awal dan Praktis. Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suharta, I Gusti Putu. Matematika Realistic Apa dan Bagaimana. Dalam jurnal Pendidikan dan Kubudayaan. Jakarta: Balitbang Diknas, 2001

Sutrisni Andayani. Jurnal Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Pendekatan Realistic Pada Mata Kuliah Statistika Matematika I

W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Wahyuni, S. (2019). Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 16–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v3i1.9499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.