Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Demokrasi di Indonesia

Aris Suhendar Aris Suhendar

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki perbedaan suku, etnis, agama dan bahasa di seluruh wilayahnya. Perbedaan tersebut dapat dengan mudah memicu konflik sosial di lingkungan masyarakat. Konflik tersebut dapat diminimalisir dengan adanya pendidikan multikultural di masyarakat. Pendidikan multikultural menjadi sangat penting karena memiliki beberapa pengaruh yaitu, (i) dapat membangun sikap saling menghargai antar sesama manusia, (ii) sebagai alternatif untuk mengurangi terjadinya konflik di lingkungan masyarakat, (iii) dapat membangun karakter masyarakat yang lebih memahami nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai pancasila, dan (iv) sarana untuk membangun masyarakat yang demokratis. Penelitian ini menggunakan research literature reviewyang terdiri dari tiga tahapan yaitu mengidentifikasi, menganalisis dan menemukan masalah. Hasil yang diperoleh yaitu pendidikan multikultural sangat berpengaruh terhadap demokrasi yang ada di Indonesia..

Full Text:

PDF

References


Adhani, Y. (2014). Konsep Pendidikan Multikultural sebagai Sarana Alternatif Pencegahan Konflik. Sosio Didaktika, 1(1), 111-121.

Adhani, Y. (2014). The Concept of Multicultural Education as An Alternative Means of Preventing Conflict. SOSIO-PRACTICE: Social Science Education Journal, 1(1), 111-121.

Allen, G. & Unwin. (1943). Capitalism, Socialism, and Democracy. London: American Social Scientists, 269.

Aly, A. (2005). Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Seminar Pendidikan Multikultural.

Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 9 (1), 24-34.

Awaru, A. O. T. (2016). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di Sekolah. Seminar Nasional: Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa dalam Rangka Daya Saing Global, 221-230.

Banks, J. A. & Banks, C. A. M. (Eds). (2001). Handbook of Research on Multicultural Education. New York: MacMillan.

Banks, J. A. (1996). Multicultural Education, Transformative Knowledge, and Action. New York, NY: Teachers College Press.

Blum, L. (1991). Moral perception and particularity. Ethics, 101(4), 701-725.

Detikcom. (23 Januari 2021). Mui Soal Siswi Nonmuslim di Padang Diminta Berhijab Jangan Memaksa.

Dewey, J. (1985a). J.A. Boydston (ed.) (Intr. by S. Hook). Democracy and Education 1916. Southern Illinois University Press.

Duile. T. & Bens J. (2017). Indonesia and the conflictual consensus: a discursive perspective on Indonesian democracy. Critical Asian Studies, 1-25.

Firdaus, E. (2017). The Learning of Religious Tolerance among Students in Indonesia from the Perspective of Critical Study. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 145, 1-5.

Haviland, William A.(1988). Antropologi edisi keempat jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hoon, C. Y. (2017). Putting Religion into Multiculturalism: Conceptualising Relugious Multiculturalism in Indonesia. Asian Studies Association of Australia, 41(3), 476-493.

Mavridis, D. (2015). Ethnic Diversity and Social Capital in Indonesia. World Development, 67, 376-395.

Merdeka.com. (09 Mei 2017). Perjalanan Panjang Kasus Dugaan Penistaan Agamaoleh Ahok.

Mietzner, M. (2009). Military Politics, Islam, and the State in Indonesia: From Turbulent Transition to Democratic Consolidation. Singapore: ISEAS.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 10(1), 52-56.

Nakaya, A. (2018). Overcoming Ethnic Conflict through Multicultural Education: The Case of West Kalimantan, Indonesia. International of Multicultural Education, 20 (1), 118-137.

Nieto, S. (1994). Affirmation, solidarity, and critique: moving beyond tolerance in education. Multicultural Education, 1(4), 9-12, 35-38.

Noor, A. F. (2019). Multicultural Education Based in the Local Wisdom of Indonesia for Elementary Schools in the 21st Century. Journal of International Social Studies, 9(2), 94-106.

Ober, J. (2007). The original meaning of democracy: Capacity to do things, not majority rule. Princepon/Stanford Working Papers in Classics, 1-7.

Rachmawati, Y., Yi-Fong, P., & Chen, H. (2014). The Necessity of Multicultural Education in Indonesia. International Journal of Education and Research, 2(10), 317-328.

Rahmayati, N. N., Kumbara, A., & Suda, I. K. (2018). Multiculturalism towards Religious Life in Tewang Tampang Village: Moral Education Implementation Based Local Wisdom. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 4(6), 63-71.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Multidisiplin, 44-50.

Rohman, M., & Lessy, Z. (2017). Practicing Multicultural Education through Religiously Affiliated Schools and Its Implications for Social Change. Jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 1-24.

Rosyad, A. M. & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

Sahal, M., Musadad, A. A., & Akhyar, M. (2018). Tolerance in Multicultural Education: A Theoretical Concept. International of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 115-122.

Sleeter, C. (2018). Multicultural Education Past, Present, and Future: Struggles for Dialog and Power-Sharing. International Journal of Multicultural Education, 20 (1), 5-20.

Suparta, M. (2013). Pendidikan Transformatif Menuju Masyarakat Demokratis. ISLAMIKA, 7(2), 406-425.

Suryana, Y., & Rusdiana, H. A. (2015). Multicultural education: An effort to strengthen the national self (implementation-principles). Bandung: Loyal Library.

Taha, M. M. (1996). Syariah Demokratik, terj. Nur Rachman. Surabaya: Lembaga Studi Agama dan Demokrasi, 232-233.

Taylor, C. (1994). Multiculturalism and the politics of recognition. NJ: Princeton University Press, 25-73.

Tempo.co. (15 April 2021). Minta Kepala Daerah Dukung UU Ciptaker, Jokowi: Jangan Hambar Investasi.

Winters, J. A. (2020). Illiberal Democracy in Indonesia: The Ideology of the Family. Project Muse, 133-136.

Wiyono, T. (2014). Implementation of multicultural education in the praxis of education in Indonesia. Journal articles published at http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_artikel&id=35.

Zuriah, N. (2011). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 63-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.