Mengembangkan Pembelajaran Manajemen Produksi Yang Berbasis Kewirausahaan

Nel Arianty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mata kuliah manajemen produksi yang berbasiskewirausahaan yang diharapkan akan menunjang minat berwirausaha mahasiswa, di samping dapat meningkatkan hasil evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang direkomendasikan adalah pembelajaran kontekstual. Metode kontekstual akan membantu mahasiswa membangun sendiri konsep manajemen produksi berdasarkan keadaan di lapangan. Peran dosen hanyalah sebagai fasilitator dan motivator dalam mengembangkan kemampuan dirinya. Desain pembelajaran yang terdiri dari kurikulum (SAP, GBPP, silabus, media dan metode), implementasi dan evaluasi pembelajaran memuat secara rinci bagaimana pembelajaran yang akan diaplikasikan. Penilaian yang dilakukan melalui beberapa metode, baik secara individu maupun berkelompok.

Kata kunci : metode pembelajaran, manajemen produksi, kewirausahaan



Keywords


metode pembelajaran, manajemen produksi, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Bambang Sad Kurnianto dan Sulistya Ika Putra, 2012, Menumbuh Kembangkan Minat Berwirausaha Bagi Para Mahasiswa Di Lingkungan Perguruan Tinggi, Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, 26

Mei 2012

Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya, DIREKTORAT TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Depdiknas (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Yang Efektif, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, Jakarta.

Indarti, N dan Rokhima Rostiani, 2008, Intensi Kewiausahaan Mahasiswa, Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta : UGM No.4 Volume

, 369-384

Irfan (2007). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Perbankan. Laporan Penelitian Teaching Grant TPDSP-P3AI- Dikti-UMSU.

Muladi Wibowo, 2011, Pembelajaran Kewirausahaan Dan Minat Wirausaha Lulusan SMK, Ekplanasi Volume 6 Nomor 2

Edisi September 2011

Nur, Muhammad. 2001. Strategi-Strategi Pembelajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah, Unesa.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT.Bina Aksara.

Supinah, 2008, Pembelajaran Matematika SD Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Melaksanakan KTSP, Paket Fasilitasi Pemberdayaan Kkg/Mgmp Matematika, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Yogyakarta

Elaine B Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.