Implementasi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Reading for Academic Purposes

Yenni Hasnah, Pirman Ginting

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Reading for Academic Purposes.Subjek Penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU.PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian.Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran.Data penelitian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus Idan II masih ditemui beberapa kekurangan karena sebagian besar mahasiswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui model CIRC. Kekurangan tersebut pada siklus I terindikasi dari masih rendahnya tingkat aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata 54%, aktivitas dosen 67%, dan kemampuan mahasiswa dengan skor perolehan rata-rata hanya mencapai 57 dengan persentase keberhasilan 14%. Sedangkan pada siklus II, aktivitas pembelajaran sudah mengalami perubahan yang lebih baik namun persentase capaian keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini, 75% belum terpenuhi. Aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase rerata masing-masing 62% dan 74% serta kemampuan mahasiswa dengan skor rata-rata 70 dan persentase keberhasilan 67%. Bagaimanapun, pada siklus III terjadi peningkatan yang sangat signifikan dalam hal aktivitas pembelajaran dan kemampuan mahasiswa dengan persentase rata-rata 79 % pada aktivitas mahasiswa, aktivitas dosen 81%, dan nilai rata-ratakemampuan mahasiswa 76dengan persentase keberhasilan sebesar 86%.Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRCsecara signifikan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa.

Keywords: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Reading for Academic Purposes


Keywords


Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Reading for Academic Purposes

Full Text:

PDF

References


Pamuji, T.E. 2016.Efektivitas Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015-2016.(Skripsi). Yogyakarta: Universitas PGRI.

Puspita, S.C., & Palekahelu, D.T. 2014.Pemanfaatan Edmodo pada Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X MA Al-Azhar Wirosari Tahun Ajaran 2013/2014.(Skripsi).Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.