PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Fitriani Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laba bersih dan arus kas operasi ada pengaruh terhadap dividen kas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2007-2010 baik secara parsial maupun simultan. Perusahaan manufaktur digunakan sebagai objek karena perusahaan manufaktur merupakan penggerak ekonomi disuatu negara dan dalam kegiatan nya perusahaan manufaktur memerlukan dana yang cukup besar untuk dapat terus berjalan dalam usahanya sehingga mereka akan mencari investor lebih banyak untuk dapat menanamkan modal nya. Pendekatan penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif kausal yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya, dengan pengujian asumsi klasik, serta analisis statistik deskriptif dengan analisis regresi linear berganda dan dilakukan pengujian hipotesis. Variabel dalam penelitian ini adalah laba bersih (X1), Arus kas operasi (X2), dan dividen kas (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan data laporan keuangan. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dari masing-masing perusahaan manufaktur yang terdiri dari 151 populasi dan ditentukan sampel sebanyak 36 perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba bersih dan arus kas operasi berpengaruh terhadaf dividen kas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial dan simultan ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh, dan dari pengujian yang telah dilakukan.

Kata Kunci: Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Dividen Kas.


Keywords


Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Dividen Kas

Full Text:

PDF PDF

References


Brigham dan Houston .(2011),Essentials of Financial Management(Edisi 11)(terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto), Penerbit: Salemba Empat.

Dermawan Sjahrial(2007), Manajemen Keuangan lanjutan(Edisi Revisi). Penerbit: Mitra Wacana Media.

Ekonomi Mnajemen(2011). Pengaruh Profitabilitas dan Invesment Opportunitas Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Manufaktur.http//:gudangmakalah.blogspot.com

Hadri Mulya(2008),Manajemen Akuntansi Dasar, Pendekatan Siklus Akuntansi. Penerbit: Salemba Empat.

Harahap, Sofyan S, (2004). Analisis Kritis Atas laporan Keuangan, PT eaja Grafindo Persada, Jakarta

Hasibuan, Della Kesuma,(2011). Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Aktivitas Operasi Terhadap Dividen Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI.Skripsi S-1 Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Ikatan Akuntan Indonesia (2009), Standar Akuntansi Keuangan.Penerbit salemba Empat.

Jerry J, Weygant et al.(2008),Pengantar Akuntansi(Edisi VII). Penerbit PT Salemba Empat.

Richard E Baker et al. (2010),Akuntansi Keuangan Lanjutan ,Penerbit PT salemba Empat.

Sihombing, Barita Stapanus.(2006). Analisis Laba Bersih Dan Laba Tunai Dengan Dividen Kas pada Perusahaan Perbankan Yang Go Publik di BEI. http://usurepository.co.id

Soemarsoe, S.R.(2004),Akuntansi Suatu Pengantar(EdisiV). Penerbit PT salemba Empat.

Stice, dan Skousen (2009),Akuntansi Keuangan, Intermediate acccounting(Edisi XVI). Penerbit Salemba Empat.

Suad, Husman Enny Pudjiastuti (2002),Manajemen Keuangan(Edisi IV). Penerbit: UPP AMP YKPN.

Sugiyono(2006),Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV. Alfabeta Bandung.

Warren, Reeve and Fees. (2002),Financial and managemen Accounting, seventh edition, Alih bahasa Rika Budiarti. South Western, Ohio.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.