ANALISIS DU PONT SYSTEM DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. MILENIUM PRIMARINDO SEJAHTERA

Fitriani Saragih

Abstract


ABSTRAK

Analisi keuangan dengan menggunakan Du Pont System sebagai dasar dalam menilai kinerja keuangan pada PT. Milenium Primarindo Sejahtera, Du Pont System merupakan analisis yang mencakup rasio aktivitas dan margin keuntungan atas penjualan untuk menentukan profitabilitas yang dimiliki perusahaan. Dengan analisisi Du Pont System ini dapat menjelaskan bagaimana kinerja keuangan perusahaan dan mengetahui faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan dan penurunan kinerja perusahaan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti bagaimana kinerja keuangan PT. Milenium Primarindo Sejahtera dan faktorfaktor yang menyebabkan kecenderungan penurunan Return On Investment (ROI), dan Net Profit Margin (NPM), dan Total Asset TurnOver (TATO). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif. Tehnik prngumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah menunjukan kinerja keuanagn PT. Milenium Primarindo Sejahtera yang dihitung dengan menggunakan analisis Du Pont System belum cukup baik, dengan nilai ROI yang mengalami penurunan dari tahun 20132014. Hal ini disebabkan karena penurunan nilai NPM dan TATO karena pada dasarnya nilai ROI dipengaruhi oleh TATO dan NPM. Keadaan ini juga dipengaruhi tingginya penjualan dari pada total aktiva yang dihasilkan oleh perusahaan.

Kata Kunci : Du Pont System, ROI, NPM, TATO.


Keywords


Du Pont System, ROI, NPM, TATO

Full Text:

PDF PDF

References


Bambang Riyanto, (2009). Dasardasar Pembelajaran Perusahaan, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Classyane dkk. (2011). Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Serba Mulia Yamaha 3S di Balikpapan (Studi Kasus Pada PT Serba Mulia Yamaha 3S di Balikpapan) . Universitas Mulawarman.Dermawan Sjahrial dan Djahotman Purba. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Haharap, Sofyan Syafri. (2010). Analisis kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Irham Fahmi. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta. Jumingan. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Kasmir. (2008). Analisis laporan keuangan. edisi pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lukman Syamsuddin. (2009). Manajeman Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. Cetakan Sembilan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Soemarso S.R (2005). Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 2 Edisi 5 (Revisi). Jakarta : Salemba Empat.

Syafrida Hani, (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.

Werner R. Murhadi. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.