ANALISIS PERSEPSI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH TENTANG PENERAPAN AKUNTANSI ( STUDI KASUS UKM GROSIR BAHAN POKOK DI MEDAN MARELAN)

Fitriani Saragih, HAFSAH SE, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis persepsi pelaku UKM tentang Penerapan Akuntansi ,Untuk menganalisis apakah faktor usia, pendidikan,dan pengalaman dapat menimbulkan pendapat yang berbeda dalam hal persepsi pelaku UKM tentang penerapan akuntansi.

Objek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kecil dan menengah grosir bahan pokok di medan marelan . Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara/interview terstruktur dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah Persepsi pelaku UKM tentang Penerapan Akuntansi dalam kegiatan usaha UKM ini dapat dikatakan tidak mengetahui dan tidak dilakukan oleh para pelaku UKM. Para pelaku UKM lebih mengutamakan pengalaman dari pada pendidikan untuk mendapatkan ilmu tentang akuntansi untuk menjalankan usahanya.Faktor pendidikan yang menunjukkan mayoritas 60% berpendidikan SMA/SLTA, usia yang menunjukkan mayoritas 60% berusia 31-40 tahun, dan lama membuka usaha/pengalaman yang mayoritas menunjukkan 47% lama membuka usaha/pengalaman 10-15 tahun, menunjukkan bahwa faktor usia, pendidikan dan pengalaman tidak ada perbedaan pendapat dalam hal persepsi tentang penerapan akuntansi .

Kata kunci: persepsi, UKM, Akuntansi


Keywords


persepsi, UKM, Akuntansi

Full Text:

PDF PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.