IMPLEMENTASI RISET BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak
Masih rendahnya model pembelajaran yang berbasis riset dapat dilihat dari
kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa program pascasarjana, yang mana perkuliahan dilaksanakan sebanyak tiga semester, dan hanya pada semester tiga dilakukan pendekatan riset pada beberapa matakuliah yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran yang
digunakan dalam proses belajar yang merupakan salah satu faktor turut mendukung keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran dengan melakukan riset pada setiap mata kuliah yang diberikan yaitu untuk meningkatkan wawasan, mengikuti perkembangan tentang isu-isu yang berkaitan dengan materi kuliah yang tentunya akan meningkatkan kualitas mahasilswa yang dihasilkan tentunya nantinya mampu untuk bersaing dan dapat diterima di dunia kerja atau mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
Penelitian diharapkan berguna untuk pengembangan program studi ke arah
yang lebih baik. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis riset dalam pelaksanaan perkuliahan seperti melakukan kegiatan penelitian, studi banding, seminar, workshop, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan topik mata kuliah yang diberikan. Dengan model pembelajaran berbasis riset ini diharapkan akan membentuk budaya dan komitmen yang kuat serta memberikan hasil yang baik kepada semua pihak.
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Riset Based LearningKeywords
Full Text:
PDFReferences
Chibanu Aslam, 2014. Model Akreditasi Program Studi, diakses dari http://pps.uny.ac.id/berita/dr-chibanu-aslam-teliti-model-akreditasi-
program-studi.html.
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta.
DIKTI, 2014. Penjelasan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk
Program Pascasarjana. No. 526/E.E3/MI/2014.
Endang Komara, 2009. http://www.geocities.ws/endangkumara/,Strategi
Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Univ. Padjadjaran Bandung
Hamzah B. Uno, 2008. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Efektif, Bumi Aksara. Jakarta
Mukh. Arifin, 2008. eeda Journey. Ubah Model Pembelajaran di Perguruan
Tinggi. Semarang: November.
Jeperis Nahampun, 2009, http://jeperis.wordpress.com/2009/04/03/pembelajaran-
orang-dewasa/, diakses 8 Maret 2012
Ni Made Suci, 2008, Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Partisipasi Belajar Dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan vol.2(1), 74-86
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur
Riwayat Attubani 2008, Penelitian Tindakan Kelas http://riwayat.wordpress.com/
/07/02/penelitian-pembelajaran-dan-ptk diakses 8 Maret 2012. Sagala,Syaiful.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Suharsimi A. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Suwardjono. 2009. Revolusi Paradigma Pembelajaran Perguruan Tinggi : dari Penguliahan ke Pembelajaran. Materi Pembekalan pada Seminar Lokal pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia..1995. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka
Universitas Gadjah Mada. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset; Yogyakarta.
Winarno Surakhmad. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah, dasar, metode, dan teknik. Bandung: Transito
Wijaya, 2008, Pembelajaran Yang Kontruktif Dan Kreatif Di Sekolah, http://wijayalabs.blogspot.com/2008/01/pembelajaran-kreatif.html diakses
Maret 2012
Zaaini, Hisyam., Bermawy Munthe, dan Sekar ayu Aryani. 2002. Strategi
Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.