IMPLEMENTASI RISET BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Hafsah UMSU

Abstract


Abstrak

Masih rendahnya model pembelajaran yang berbasis riset dapat dilihat dari

kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa program pascasarjana, yang mana perkuliahan dilaksanakan sebanyak tiga semester, dan hanya pada semester tiga dilakukan pendekatan riset pada beberapa matakuliah yang diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran yang

digunakan dalam proses belajar yang merupakan salah satu faktor turut mendukung keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran dengan melakukan riset pada setiap mata kuliah yang diberikan yaitu untuk meningkatkan wawasan, mengikuti perkembangan tentang isu-isu yang berkaitan dengan materi kuliah yang tentunya akan meningkatkan kualitas mahasilswa yang dihasilkan tentunya nantinya mampu untuk bersaing dan dapat diterima di dunia kerja atau mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Penelitian diharapkan berguna untuk pengembangan program studi ke arah

yang lebih baik. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis riset dalam pelaksanaan perkuliahan seperti melakukan kegiatan penelitian, studi banding, seminar, workshop, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan topik mata kuliah yang diberikan. Dengan model pembelajaran berbasis riset ini diharapkan akan membentuk budaya dan komitmen yang kuat serta memberikan hasil yang baik kepada semua pihak.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Riset Based Learning

Keywords


Metode Pembelajaran, Riset Based Learning

Full Text:

PDF

References


Chibanu Aslam, 2014. Model Akreditasi Program Studi, diakses dari http://pps.uny.ac.id/berita/dr-chibanu-aslam-teliti-model-akreditasi-

program-studi.html.

Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta.

DIKTI, 2014. Penjelasan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk

Program Pascasarjana. No. 526/E.E3/MI/2014.

Endang Komara, 2009. http://www.geocities.ws/endangkumara/,Strategi

Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Univ. Padjadjaran Bandung

Hamzah B. Uno, 2008. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Efektif, Bumi Aksara. Jakarta

Mukh. Arifin, 2008. eeda Journey. Ubah Model Pembelajaran di Perguruan

Tinggi. Semarang: November.

Jeperis Nahampun, 2009, http://jeperis.wordpress.com/2009/04/03/pembelajaran-

orang-dewasa/, diakses 8 Maret 2012

Ni Made Suci, 2008, Penerapan Model Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Partisipasi Belajar Dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan vol.2(1), 74-86

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur

Riwayat Attubani 2008, Penelitian Tindakan Kelas http://riwayat.wordpress.com/

/07/02/penelitian-pembelajaran-dan-ptk diakses 8 Maret 2012. Sagala,Syaiful.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Suharsimi A. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta

Suwardjono. 2009. Revolusi Paradigma Pembelajaran Perguruan Tinggi : dari Penguliahan ke Pembelajaran. Materi Pembekalan pada Seminar Lokal pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia..1995. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka

Universitas Gadjah Mada. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset; Yogyakarta.

Winarno Surakhmad. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah, dasar, metode, dan teknik. Bandung: Transito

Wijaya, 2008, Pembelajaran Yang Kontruktif Dan Kreatif Di Sekolah, http://wijayalabs.blogspot.com/2008/01/pembelajaran-kreatif.html diakses

Maret 2012

Zaaini, Hisyam., Bermawy Munthe, dan Sekar ayu Aryani. 2002. Strategi

Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.