Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing

Resty Wahyuni, Yenni Hasnah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudulPengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Jenis design penelitian ini didasarkan pada sampel penelitian (mahasiswa) yang sudah terbentuk secara alamiah (naturally formed intact group). Teknik sampling yang diterapkan dalam penentuan kelompok experimen dan kontrol adalah random sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes, digunakan untuk memperoleh data, yakni berupa hasil belajar mahasiswa dalam menulis. Kevalidan instrumen akan diukur melalui uji validitas. Selanjutnya, data tersebut akan dianalisis melalui uji t.Hasil analisis data diperoleh nilai thitung adalah 2,5. Sementara itu, nilai ttabel dengan tingkat kebebasan df = N1+N2-2 = 24+24-2 = 46 dan taraf signifikan 5% adalah sebesar 2,02. Dari perhitungan di atas dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yakni 4,9 > 2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh signifikan model pembelajaran Collaborative Writing terhadap kemampuan menulis mahasiswa pada mata kuliah Creative Writing.

Keywords: Kemampuan Menulis, Collaborative Writing, Creative Writing


Keywords


Kemampuan Menulis, Collaborative Writing, Creative Writing

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Darwis, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Alwasilah, A. C. dan Senny, S. A. 2005. Pokoknya menulis: Cara baru Menulis dengan metode kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Alwasilah, A. C. 2007. Pokoknya menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Komaidi, D. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta : Sabda Media.

Laksana, A. S. 2007. Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel. Jakarta: 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.